Rio Haryanto Diundang Honda Jajal Mobil Super Formula
Reporter: Wawan Priyanto
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 30 November 2017 07:58 WIB
Rio Haryanto (kedua kanan) saat mengikuti jumpa pers Australian Formula One Grand Prix bersama Sebastian Vettel (kiri depan), Daniel Ricciardo (tengah depan), Lewis Hamilton (kanan depan), dan Jolyon Palmer (kiri belakang) di Albert Park, Melbourne, 17 Maret 2016. Lars Baron/Getty Images
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta -

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Nama Rio Haryanto masuk dalam daftar pembalap yang akan melakukan uji coba mobil balap Super Formula di sirkuit Suzuka, Jepang, 6-7 Desember 2017.

Ini merupakan sesi tes resmi untuk tim pabrikan dan pembalap rookie Super Formula. “Iya, saya akan uji coba mobil Super Formula di Jepang,” kata Rio Haryanto kepada Tempo, Kamis pagi, 30 November 2017.

Baca: Tahun Baru, Rio Haryanto Pilih Umrah

Menurut Rio, tes ini untuk mencoba mobil resmi Honda yang memang digunakan sebagai mobil penguji. “Sementara ini hanya tes, belum tentu ikut balapan,” ujarnya.

Rio menambahkan, kesempatan untuk tampil penuh di balap mobil Super Formula terbuka lebar. Sejumlah tim juga masih belum mengumumkan pembalapnya. "Tes ini undangan resmi dari Honda, Insya Allah bisa ikut balap musim depan," tuturnya.

Mantan pembalap F1 asal Solo itu dijadwalkan mengemudikan mobil tes resmi Honda (Honda HR-417E) bersama pembalap tuan rumah yang saat ini berkompetisi di balap F3 Jepang, Hiroki Ohtsu.

Simak: Rio Haryanto Sukses Tes Formula E, Ingin Kembali Balapan

Selain Rio, sejumlah mantan pembalap F1 juga dijadwalkan ikut sesi tes seperti Kamui Kobayashi, Narain Karthikeyan, dan Kazuki Nakajima. Junior Rio di tim Campos Racing, Alex Palau, juga turut ambil bagian.

Dalam beberapa kesempatan, Rio Haryanto masih berharap dapat tampil kompetitif di dunia balap. "Pasti selalu berharap untuk kembali balapan. Kami masih terus berusaha," ujarnya.

Terakhir kali Rio mencoba mobil balap adalah saat menjadi penguji mobil Formula E beberapa waktu lalu di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Sementara itu, terakhir kali tampil di balap F1 adalah saat bertarung bersama Manor Racing di F1 GP Jerman, Agustus 2016.

Spesifikiasi mobil balap Super Formula 2017:

Chassis

Penyuplai

Dallara Automobili S.p.A (Itali)

Panjang

5,268mm

Sumbu Roda

3,165mm

Lebar

1,910mm

Tinggi

960mm

Berat Minimum

660kg (bersama pengemudi)

Gearbox

Ricardo: 6 forward speed, paddle system

Rem

Brembo calipers, Brembo carbon disc

Sistem kemudi

KYB electric power steering system

Suspensi depan

Pushrod suspension, torsion bar spring

Suspensi belakang

Pushrod suspension

Standar keselamatan

Conform to FIA 2010 F1

Mesin

Penyuplai /Tipe

Honda Motor Co., Ltd. / HR-417E Toyota Motor Corporation / RI4A

Kapasitas

2,000cc

Tipe mesin

Inline-four, direct injection

Aspirasi

Turbocharged (by Garrett Systems)

Berat Minimum

85kg

Tenaga

405kw (550ps) and over

Power Limiter

Fuel restrictor (to restrict fuel flow)

Ban

Penyuplai

Yokohama Rubber Co., Ltd.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi