Inilah Motor Listrik Cafe Racer Cina Pakai Basis Sasis Honda
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 8 Desember 2017 18:03 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Seiring pasar motor listrik terus berkembang, tak mengherankan bila melihat pemain dari luar dunia motor ikut terlibat. Baru-baru ini seorang perancang asal Spanyol bermitra dengan pabrik Cina menyiapkan sepasang sepeda motor listrik yang keren dengan harga terjangkau yang terinspirasi dari motor Honda klasik.

Proyek ini merupakan upaya kolaborasi antara desainer asal Barcelona, Pablo Baranoff dan Alex Guliyants, General Manager dari perusahaan motor listrik Cina, East Gem alias Denzel.

Baca: Inilah Spesifikasi Motor Listrik Magnum yang Dijual Rp 10 Juta

Baranoff memiliki pengalaman yang cukup dalam merancang sepeda motor listrik, dan pabrik Gishyants East Gem memiliki pengalaman menjalankan operasi produksi dan perakitannya. Idenya adalah untuk menciptakan motor listrik keren yang terjangkau karena dapat diandalkan.

Motor listrik bergaya cafe racer dengan meniru model motor Honda buatan pabrikan Cina, East Gem. Sumber: rideapart.com

Baranoff mengakui bahwa dia tidak memiliki banyak pengalaman mendesain sepeda motor kustom sebelum proyek ini berlangsung, namun ia menghabiskan waktu berminggu-minggu untuk menjelajahi internet untuk mendesain mesin cafe racer. Akhirnya, ia memutuskan untuk memulai dari nol, meskipun ia meminjam basis dari sepeda lain yang ada untuk membantu menyatukan kedua mesin tersebut. Dia juga benar-benar meneliti apa yang penting bagi mesin untuk pemakaian sehari-hari.

Kedua sepeda motor listrik itu dijuluki Model Honda Electric Cafe Racer 1 dan 2 dirancang untuk bersaing dengan sepeda motor berkapasitas 125cc dan dilengkapi dengan banyak fitur praktis yang keren untuk kendaraan roda dua yang cukup murah.

Sepeda motor tersebut digerakkan oleh motor listrik midpower 7500W yang didukung oleh baterai lithium-ion Panasonic 72V. Motor ini mampu meraih kecepatan tertinggi lebih dari 60 mph atau 96 kilometer per jam, dengan jarak tempuh sekitar 75 mil atau 120 kilometer. Adapun berat mencapai 160 kilogram.

Baca: Luncurkan Yamaha E Vino, Ini Sejarah Motor Listrik Yamaha

Motor ini memiliki fitur pengereman regeneratif, kunci akses nirkabel dengan alarm, kompartemen penyimpanan kecil, pelek 17 inci, fungsi cruise control, speedo dan tachometer, dan tampilan digital di "tangki" yang menunjukkan tingkat tegangan baterai dan energi.

East Gem mulai menerima pesanan dan akan dikirimkan pada hari Tahun Baru 2018. Pabrikan motor listrik memberikan garansi lima tahun.

RIDEAPART


BERITA TERKAIT