Marquez dan Pedrosa Balapan dengan Pembalap F1, Pemenangnya?
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 8 Desember 2017 19:51 WIB

TEMPO.CO, Motegi - Dua pembalap Repsol Honda, Marc Marquez dan Dani Pedrosa, balapan menggunakan Super Cub, yang kapasitas mesinnya hanya 110 cc. Mereka bersaing dengan para pembalap Formula 1, pembalap Indy, dan pembalap MX di Sirkuit Motegi, Jepang, dalam event Honda Racing Thanks Day, acara yang merayakan pembalap HRC dari balap motor sampai mobil.

Pembalap yang menemani Marquez dan Pedrosa adalah Takaaki Nakagami; pembalap tes, Takahisa Fujinami; pembalap MX, Gajser; dan pembalap Formula 1, yakni Takuma Sato, Jenson Button, dan Stoffel Vandoorne.

Baca: Alpinestars Rilis Boot Edisi Terbatas Dani Pedrosa Samurai

Balapan itu tak serius. Para pembalap tak bisa memacu motornya kencang karena menggunakan mesin berkapasitas kecil, padahal mereka biasanya menggunakan mesin 1.000 cc. Namun, saat itu, para membalap hanya menggunakan motor yang biasa dibawa ibu-ibu ke pasar. Meski demikian, Honda telah menghasilkan lebih dari 100 juta unit dari penjualan motor bebek ini selama 60 tahun. Bayangkan saja, motor itu hanya dipersenjatai pengereman model tromol di depan dan belakang.

Dalam balapan itu, Marquez dan Pedrosa sering berada di depan pembalap lain. Meski tak serius, Marquez berusaha melaju dengan kencang, bahkan ia hampir sliding menyenggol dinding pembatas. Pedrosa akhirnya menyelesaikan balapan dengan posisi paling depan dibanding pembalap lain. Tak hanya motor bebek, mereka juga menjajal F3.

"Saya sangat bersenang-senang dan bisa mencoba banyak mobil dan sepeda motor yang berbeda. Tahun ini, misalnya, kami memiliki kesempatan untuk mengemudikan mobil F3. Ini adalah pengalaman baru yang sangat saya nikmati. Ini juga merupakan kehormatan untuk melakukan lap bersama dengan Takuma (Sato) yang menang di Indy," kata Marquez.

Baca: MotoGP: Tahun Depan Ada Kemungkinan Marc Marquez ke Indonesia

Pedrosa juga mengaku menikmati acara tersebut. "Mengendarai mobil F3 adalah salah satu pengalaman terbaik. Tahun lalu, kami mencoba NSX yang sangat bagus, tapi kali ini lebih baik lagi. Mungkin melakukan pedal hingga tikungan sampai akhir. Sepanjang waktu saya mengemudi, saya sedang memikirkan seperti apa mobil F1," ujarnya.

GPONE | MOTORCYCLE


BERITA TERKAIT