Perang Honda PCX vs Yamaha Nmax, Simak Target Penjualannya
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 16 Desember 2017 07:00 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Honda PCX terbaru dijual mulai dari Rp 27 juta hingga Rp 32 juta. Harga ini jauh lebih rendah dibanding model sebelumnya yang dilepas Rp 40 juta karena model sebelumnya merupakan impor CBU. Kini, Honda PCX sudah diproduksi di Indonesia.

All New Honda PCX menawarkan sejumlah kelebihan dibandingkan versi Completely Built Up (CBU) asal Vietnam. Misalnya, penggunaan rem cakram depan-belakang yang dilengkapi ABS, Smart Key dan penggunaan speedometer digital.

PT Astra Honda Motor meluncurkan All New Honda PCX di Jakarta, Rabu, 13 Desember 2017.

Dengan beberapa kelebihan yang tak dimiliki kompetitornya, Yamaha Nmax, PT Astra Honda Motor yakin All New PCX mampu menjadi idola baru.

Baca: Ini Perbandingan Spesifikasi Honda PCX vs Yamaha Nmax

Presiden Direktur Astra Honda Motor Toshiyuki Inuma belum menjelaskan secara detail. "Kami mohon maaf belum bicara berapa target penjualan kami. Kami punya keinginan penjualannya 10 kali lipat dari PCX yang sekarang," ujarnya usai acara perilisan All New Honda PCX 150, Rabu 13 Desember 2017.

PT Astra Honda Motor meluncurkan All New Honda PCX di Jakarta, Rabu, 13 Desember 2017.

Saat ini, Honda PCX telah terjual 22 ribu sejak pertama kali diluncurkan pada 2010. Di dunia, Honda PCX terjual 1 juta unit. Motor itu akan diproduksi di pabrik Sunter dengan kapasitas 150 ribu unit per tahun.

Simak: Duel Yamaha Nmax vs Honda PCX, Ini Kata Bos Yamaha Indonesia

Rival utama Honda PCX, Yamaha Nmax telah diluncurkan terlebih dahulu pada 9 Desember 2017. Motor bongsor ini dijual dengan harga Rp 26,3 juta (Non ABS) dan Rp 30,2 juta (ABS). Dari sisi harga, jelas beda tipis dibanding Honda PCX. PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menargetkan penjualan 30 ribu unit Yamaha Nmax sepanjang 2018.

Senior GM Marketing YIMM Hendry Wijaya menjelaskan, target tersebut ditentukan berdasarkan hasil riset kebutuhan konsumen di pasar Indonesia.

“Itu untuk memenuhi konsumen Indonesia yang mulai beralih menggunakan skuter matik besar,” ujarnya di sela-sela peluncuran Yamaha Nmax 155 model 2018 di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat, Sabtu, 9 Desember 2017.

Yamaha Nmax model 2018 diperkenalkan di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat, Sabtu, 9 Desember 2017. Yamaha NMAX 155 model 2018 ABS dijual seharga Rp 30,2 juta sedangkan harga tipe standar Rp 26,3 juta. Dok. YIMM.

Berdasarkan data penjualan YIMM sepanjang 2015 hingga Oktober 2017, Yamaha Nmax terjual 700 ribu unit dengan rincian 560 ribu unit di Indonesia dan 140 ribu unit di pasar ekspor. Hal itu membuktikan pasar skuter matik besar di Indonesia berkembang cukup pesat.

Suspensi baru roda belakang pada Yamaha Nmax model 2018 diklaim lebih nyaman dan stabil saat digunakan berkendara di bebagai medan jalan. Model ini diluncurkan di Sirkuit Internasional Sentul, Jawa Barat, 9 Desember 2017. TEMPO/Naufal Shafly.

“Yamaha Nmax terus berkembang karena motor ini cukup diterima di masyarakat, terbukti dengan banyaknya komunitas Yamaha Nmax di Indonesia. Terdapat 18 klub Yamaha Nmax dengan lebih dari 144 chapter yang tersebar di seluruh Indonesia,” kata Hendry.

EKO ARI WIBOWO | NAUFAL SHAFLY


BERITA TERKAIT