Inilah Skuter Motor Listrik Asal India yang Punya Cakram Terbesar
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 20 Desember 2017 09:30 WIB

TEMPO.CO, New Delhi - Produsen motor listrik Okinawa Autotech meluncurkan motor listri baru Praise menggunakan model serupa dengan skuter matic. Motor listrik ini ditawarkan dengan sejumlah fitur premium seperti keyless, penguncuan jarak jauh, fitur anti-pencurian dan penggunaan sensor standar samping. Motor listrik ini dijual dengan harga 59.889 atau Rp 12,6 juta.

Baca: Harga Gesits Buatan Garasindo Akan Dijual Maksimal Rp 17 Juta

Selain itu, Praise juga akan dilengkapi dengan lampu depan dan lampu rem berteknologi LED dengan Day Running Light (DRL). Skuter ini memiliki bagasi hingga 19,5 liter di bawah jok pengendara. Pada kaki-kaki, motor ini akan menggunakan velg berdiameter 12 inch dibalut karet bundar berukuran 90/90 cukup besar untuk ukuran motor listrik.

Pada sistem penghenti laju motor, Praise akan menggunakan cakram depan berukuran 300mm merupakan yang terbesar digunakan motor listrik dan motor matic. Pada pengereman belakang, motor ini juga mengandalkan cakram yang dibantu oleh E-ABS (Electronic-Assisted Braking System). Suspensi mengandalkan teleskopik pada bagian depan dan monoshock pada bagian belakang.

Motor listrik ini ditenagai oleh baterai 72V/45 Ah VRLA, (Lead Acid) yang menawarkan output daya 2500 Watt atau sekitar 3,34 bhp. Okinawa Praise mampu menjangkau jarak 170 kilometer hingga 200 kilometer tergantung pada pemakaiannya dan hadir dalam tiga mode kecepatan - Ekonomi (35 km/jam), Sporty (65 km/jam) dan Turbo (75 km/jam). Baterai membutuhkan waktu sekitar 6-8 jam agar terisi penuh.

Baca: Gesits Akan Dijual 2018, Inilah Dukungan Menteri Nasir

Menariknya, perusahaan juga telah memperkenalkan baterai Lithium-ion ringan baru yang dapat meningkatkan jangkauan motor listrik sebesar 10-15 persen dan dapat terisi penuh dalam waktu sekitar 1-2 jam. Okinawa akan memasarkan skuternya Praise dalam waktu 2-3 bulan kemudian dengan selisih harga sekitar 10 persen.

AUTO.NDTV


BERITA TERKAIT