4 Tip Mempersiapkan Mobil untuk Liburan Akhir Tahun
Reporter: Naufal Shafly
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 21 Desember 2017 20:32 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Memasuki periode liburan akhir tahun, bukan rahasia umum lagi jika sebagian besar orang menghabiskan waktunya untuk berlibur. Banyak orang yang berlibur menggunakan mobil pribadi, tapi sedikit yang mengetahui hal-hal yang harus diperiksa sebelum mobil digunakan untuk berlibur. Hal ini dapat dilakukan di rumah tanpa perlu ke bengkel.

Secara umum, hal pertama yang harus diperiksa jika Anda ingin berlibur menggunakan mobil pribadi adalah air radiator. Kepala Teknisi Fajar Motor Ciater, Mulyoko, menjelaskan, “Paling sederhana ya cek air (radiator), sesuaikan volumenya.”

Baca: Ini Alasan Tekanan Angin Ban Mobil Tak Perlu Dikurangi Saat Hujan

Mekanik Mega Motor Bintaro, Indra Permana, Kamis, 21 Desember 2017, menjelaskan, air radiator harus diisi sesuai dengan indikator, hal tersebut untuk menjaga performa mesin agar tidak cepat panas meski digunakan untuk jarak jauh.

Mengisi air radiator tidak disarankan menggunakan air biasa, karena dapat membuat radiator menjadi berkarat, hal tersebut karena air biasa tidak memiliki cairan antikarat. Isi air radiator menggunakan coolant atau cairan pendingin.

Selain itu, hal kedua yang harus dicek adalah oli. Untuk mengecek oli, cara termudah adalah melihat petunjuk yang tertera pada oli tersebut.

“Cek petunjuk oli, kapasitas oli itu berbeda-beda. Ada yang harus diganti per empat ribu kilometer, ada yang per lima ribu, per sepuluh ribu, kalau sudah waktunya diganti ya harus ganti,” ujar Indra.

Tekanan ban merupakan hal ketiga yang harus dilakukan pengecekan, baik Mulyoko ataupun Indra, keduanya menyarankan agar angin ban diisi dengan nitrogen. Indra mengatakan nitrogen dapat menjaga suhu ban tetap stabil meski mobil menempuh perjalanan jauh.

Pernyataan senada diucapkan Mulyoko. “Biasanya kalau mobil dipakai untuk perjalanan jauh suhu ban panas, tapi kalau pakai nitrogen temperaturnya stabil,” ujar pria yang akrab disapa Mas Mul.

Baca: Perhatikan 3 Kiat Ini Sebelum Anda Membeli Mobil Baru

Hal keempat adalah mengecek fungsi kelistrikan terutama fungsi lampu dan AC. Indra menjelaskan, kondisi lampu sangat penting untuk berkendara jarak jauh, apalagi jika berkendara di malam hari. Sedangkan untuk fungsi AC, Mulyoko menyebutkan kondisi kipas pendingin sangat riskan apalagi di musim hujan.

Jika keempat hal tersebut sudah dilakukan pengecekan, mobil kemungkinan besar akan aman untuk dipakai berlibur. Namun, Mulyoko menyarankan agar kendaraan melakukan perawatan rutin demi menjaga kondisi mobil tetap prima.


BERITA TERKAIT