Datsun Cross Ancam Pasar Ignis? Ini Kata Bos Suzuki
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 5 Januari 2018 20:57 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Datsun Cross akan dirilis untuk pertama kalinya di dunia (world premiere) di Indonesia pada Kamis, 18 Januari 2018. Model ini mengusung platform Datun Go, yang sudah lebih dulu dipasarkan.

Cross akan mengisi segmen crossover entry level, yang juga diisi Suzuki Ignis. Mengacu pada harga jual, Suzuki Ignis dibanderol mulai Rp 141,5 juta hingga Rp 171,5 juta on the road DKI Jakarta (berdasarkan harga 2017). Sementara itu, harga Datsun Cross yang beredar di dunia maya diperkirakan Rp 150 juta hingga Rp 170 juta.

Baca: Suzuki Ignis Fenomenal Kalahkan Honda Brio di Kelas City Car

Direktur Pemasaran PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) Donny Saputra menyakini hadirnya Datsun Cross tidak akan mengganggu Suzuki Ignis. "Saya rasa positioning berbeda, ya," kata Donny saat dihubungi Tempo, Jumat, 5 Januari 2018.

Suzuki Ignis. TEMPO/Wawan Priyanto

Menurut Donny, Suzuki Ignis, sebagai produk yang baru dipasarkan pada 2017, telah memberikan kontribusi yang cukup signifikan. Bahkan melebihi target perusahaan.

Simak: Penjualan Oktober: Suzuki Melejit 33 Persen, Disokong Ignis

Awalnya, kata Donny, Suzuki Ignis hanya ditargetkan terjual 1.500 unit per bulan. Namun, dalam perjalanannya, rata-rata penjualan Suzuki Ignis per bulan mencapai 2.400 unit. "Suzuki Ignis pada Agustus-Desember sudah mencapai 12 ribu unit. Ini sangat menggembirakan untuk kami," ujarnya.

Donny berujar, SIS juga sedang menyiapkan satu varian baru Suzuki Ignis yang kemungkinan akan diluncurkan menjelang akhir Januari 2018. Produk tersebut diharapkan mampu meningkatkan market share Suzuki Ignis.

Simak: Datsun Cross Segera Meluncur, Simak Bocorannya

Presiden Direktur PT Nissan Motor Indonesia Eiichi Koito, dalam siaran pers, menyebut Datsun Cross akan mengawali perjalanan baru dari segmen baru Datsun di Indonesia.

“Datsun Cross merupakan generasi baru compact crossover. Dengan desainnya yang stylish dan fitur-fitur canggih, Datsun Cross akan menjadi partner yang sesuai untuk gaya hidup pelanggan baru kami,” tutur Koito.


BERITA TERKAIT