MINI Turunkan Mobil Buggy di Reli Dakar 2018
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 7 Januari 2018 16:20 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Pabrikan mobil asal Inggris MINI dan X-Raid Team Jerman menurunkan dua tipe jagoan pada reli Dakar 2018. Dua tipe itu adalah MINI John Cooper Works Buggy yang menjalani debut tahun ini dan MINI John Cooper Work Rally yang debut perdananya dimulai pada tahun lalu.

MINI dan X-Raid Team menurunkan 7 varian MINI dalam reli Dakar yang dimulai di Peru, Sabtu, 6 Januari 2018 waktu setempat atau Minggu dini hari waktu Indonesia.

Baca: Mini Cooper Countryman Akan Diuji Ketangguhan Sejauh 300 KM

MINI John Works Cooper Rally merupakan mobil dengan penggerak all wheel drive, sedangkan MINI John Works Cooper Rally berpenggerak roda belakang.  MINI dan X-raid ingin melanjutkan kisah sukses bersama mereka yang meraih empat kemenangan secara keseluruhan dari tahun 2012 hingga 2015 dalam reli Dakar.

MINI John Cooper Works Buggy dan MINI John Cooper Works Rally ikut serta dalam reli Dakar 2018. (MINI Cooper)

"Dengan kedua mobil ini, kami memiliki keluarga MINI paling kuat yang pernah melaju di reli Dakar Rally,” kata Sebastian Mackensen, Wakil Presiden Senior MINI, dalam siaran tertulis yang diterima Tempo, Minggu, 7 Januari 2018.

Baca: Universitas Budi Luhur dan ITS Garap Mobil Listrik Reli Dakar

Kedua mobil itu menggunakan mesin mesin diesel berkapasitas 6 liter, 6 silinder. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sebesar 250 kW (340 hp) dan torsi maksimum 800 Nm. Mesin ini didukung transmisi dan drivetrain serta teknologi turbocharging berbasis BMW TwinPower Turbo.

Bingkai baja tubular yang dirancang khusus memberikan perlindungan maksimal bagi pengemudi dan penumpang dalam situasi ekstrim. Bodi dirancang khusus terbuat dari plastik bertulang serat karbon (CFRP) dan kevlar bagian atap.

MINI Jogn Cooper Works Rally di reli Dakar 2018. (MINI Cooper)

MINI John Cooper Works Buggy telah menjalani program uji intensif selama beberapa bulan terakhir di berbagai jenis medan reli di Hungaria dan Maroko. "Selama ini buggy tidak pernah berhenti begitu karena masalah teknis, yang sangat luar biasa," kata Team Manager Sven Quandt.

Rangkaian MINI dan X-raid untuk Reli Dakar 2018 akan terdiri dari tujuh mobil dan tim pengemudi dan navigator yang berpengalaman. Tiga MINI John Cooper Works Buggy akan diujicobakan oleh Mikko Hirvonen (FIN), Bryce Menzies (AS) dan Yazeed Al-Rajhi (KSA). Kursi pengemudi di MINI John Cooper Works Rally akan ditempati oleh Orlando Terranova (ARG), Jakub Przygonski (POL), Joan "Nani" Roma (ESP) dan Boris Garafulic (CHI). 

Edisi reli Dakar jarak jauh tahun ini berlangsung di Amerika Selatan untuk kesepuluh kalinya. Start dari Peru dan finish di Argentina, melalui Bolivia. Reli Dakar 2018 menggabungkan tahap padang pasir yang diperpanjang serta medan batu dan bebatuan dan jalur aspal yang membawa mobil mencapai ketinggian 4.000 meter di Pegunungan Andes. Tahap akhir akan selesai pada 20 Januari 2018 di Cordoba, Argentina.


BERITA TERKAIT