Gas Sepeda Motor Tersendat? Begini Cara Mengatasinya
Reporter: Naufal Shafly
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 8 Januari 2018 14:56 WIB
Ilustrasi gas sepeda motor. Januari 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Bagi pengguna sepeda motor, umumnya pernah mengalami gas yang tersendat atau seret. Biasanya terjadi pada bagian grip yang seringkali sulit untuk diputar dan grip yang tidak berbalik setelah diputar. Hal tersebut dapat membahayakan keselamatan, karena kecepatan motor akan sulit dikendalikan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Biasanya hal ini disebabkan oleh kotoran yang menyumbat grip atau kabel gas. Kotoran tersebut menghambat putaran grip sehingga grip akan sulit diputar dan sulit kembali ke posisi semula.

Baca: Tips Memperbaiki Rem Cakram Sepeda Motor yang Seret

Pemilik bengkel F&D Autospeed, Mohammad Hadi Nurhamim, menjelaskan kotoran dapat menyumbat kabel gas dan grip karena sepeda motor terlalu sering ditempatkan di tempat terbuka.

“Grip dan kabel pasti akan seret kalau sering kepanasan dan kehujanan,” ujar Nurhamim saat ditemui Tempo, Senin, 8 Januari 2018.

Simak: Tips Mengatasi Mesin Sepeda Motor Mogok Saat Melibas Genangan

Menurutnya, pencegahan dapat dilakukan secara sederhana dengan memberi pelumas pada grip dan kabel gas beserta kawatnya. Sebelum diberi pelumas, grip dan kabel gas harus dicopot terlebih dahulu.

“Dibuka terlebih dulu selang dan gripnya, lalu masukkan pelumas dan dibersihkan sampai kotorannya keluar,” ujar Nurhamim menjelaskan.

Nurhamim menambahkan untuk membersikan grip dan saluran kabel gas sepeda motor tidak perlu pelumas khusus. “Ngga ada pelumas khusus, pakai pelumas apapun bisa,” ujar Nurhamim. 

NAUFAL SHAFLY

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi