Sebastian Loeb Mundur pada Sesi Akhir Reli Dakar, Ini Penyebabnya
Reporter: Antara
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 11 Januari 2018 09:16 WIB
Seorang pria menyaksikan pembalap Sebastien Loeb, asal Prancis dan co-driver Daniel Elena, asal Monaco, saat mengendarai Peugeot pada babak kedua Reli Dakar 2018 di Pisco, Peru, 7 Januari 2018. AP
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Juara reli dunia sembilan kali Sebastian Loeb mengundurkan diri dari Reli Dakar pada Rabu 10 Januar 2018, sedangkan juara bertahan Stephane Peterhansel memperbesar keunggulannya setelah tahapan penuh terakhir di Peru.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Loeb, yang memenangi tahapan Selasa untuk Peugeot dan menghuni peringkat kedua secara keseluruhan, terhenti lima kilometer menuju akhir tahapan sepanjang 266 kilometer dari San Juan de Marcona menuju Arequipa, perhentian menginap terakhir sebelum reli memasuki Bolivia dan tempat-tempat dataran tinggi.

Baca: Laia Sanz, Wanita Perkasa di Reli Dakar

Ia kehilangan dua jam karena menunggu bantuan sebelum meneruskannya namun, dengan mitra co-drivernya Daniel Elena merasa sakit pada sendi di gundukan pasir, ia harus menerima kekalahannya.

"Pasirnya sangat lunak. Kami satu kali terhenti dan mampu meneruskannya," kata Loeb kepada situs Dakar.com sebelum mengundurkan diri.

"Kami berada di puncak di mana mobil lain terjebak. Kami mengikuti Nasser (Al Attiyah) dan melihat ia keluar, maka kami melakukan hal yang sama, namun saya tidak menyadari bahwa terdapat lubang di belakang puncak. Dan, bam, kami masuk tepat menuju lubang."

"Saat ini saya berusaha untuk melihat apa yang dapat dilakukan co-driver saya: kami berkendara dengan benar-benar lambat dan, ketika saya melaju 30 kilometer per jam ia berteriak di dalam mobil," tambah pria Prancis itu.

Peterhansel, rekan setim Loeb yang unggul hampir tujuh menit pada Selasa dan menuju rekor kemenangan ke-14nya di Dakar, menguasai tahapan itu untuk memperbesar keunggulannya atas pereli Spanyol Carlos Sainz menjadi 31 menit dan 16 detik.

Sainz, yang juga mengendarai Peugeot dan merupakan juara reli dunia sebanyak dua kali, terperangkap di bukit pasir pada awal tahapan dan tertinggal 18 menit dari Peterhansel menuju finis.

Baca: Reli Dakar Etape 4: Sunderland Tumbang, Van Beveren Juara

Pereli Belanda Bernhard Ten Brinke menduduki posisi ketiga dalam Reli Dakar dengan Toyota, namun tertinggal lebih dari satu jam 15 menit, sedangkan pereli Qatar Nasser Al Attiyah berada di posisi keempat.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi