Tak Sesuai Janji Iklan, Tesla Digugat di Norwegia
Reporter: Antara
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 12 Januari 2018 18:14 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Sebanyak 80 pemilik Tesla di Norwegia menuntut pabrikan mobil asal Amerika Serikat itu karena iklan yang tidak seusai dengan performa mobil yang dijanjikan. Demikian dilansir dari warta harian Norwegia, Dagens Naeringsliv (DN), pada Kamis, 11 Januari 2018, waktu setempat.

Penggugat mengadukan kekuatan sesungguhnya Tesla S P85D, yang diklaim sebagai salah satu sedan dengan akselerasi tercepat di dunia, ternyata hanya 469 tenaga kuda dan bukan 700 tenaga kuda seperti yang dijanjikan perusahaan.

Para pemilik Tesla itu meminta kompensasi serupa dengan kelompok lain, yang terdiri atas 133 pemilik Tesla di Norwegia, yang sebelumnya menuntut perusahaan dan mencapai kesepakatan pada Desember 2016.

Baca: Tesla Tarik 11.000 SUV Model X karena Masalah Kursi

Tesla setuju memberikan kompensasi kepada 133 pemilik itu dengan membayar 65 ribu krona (sekitar Rp 108,4 juta) atau menyediakan perlengkapan baru, lapor DN.

"Ini kasus sama yang berakhir dengan kompromi seperti sebelumnya," kata pengacara penggugat, Christoffer Falkeid, kepada DN.

"Ini masalah tenaga mobil dan kesalahan pemasaran serta proses penjualan, tapi saya tidak ingin membahas jumlah," ucap Falkeid.

Simak: Produksi Mobil Listrik Tesla Model 3 Ditunda

Ketika dihubungi AFP, pihak Tesla menolak berkomentar.

Perkara ini akan diperiksa pengadilan Oslo pada April jika tidak ada kesepakatan di antara kedua pihak.

Menurut media Norwegia, terdapat kelompok lain, yang terdiri atas 38 pengendara, yang mengajukan tuntutan hukum kepada Tesla pada musim gugur lalu.

Norwegia merupakan pemimpin dunia dalam pangsa pasar mobil listrik dan salah satu pasar terbesar Tesla di dunia, dengan total 1.201 Tesla S P85Ds terjual di negara tersebut.

Tahun lalu, penjualan Tesla di negara Nordik itu mencapai 8.465 unit untuk semua model.


BERITA TERKAIT