Mesin Datsun Cross Berbasis Go+, Ini Perbedaannya
Reporter: Naufal Shafly
Editor: Eko Ari Wibowo
Kamis, 18 Januari 2018 19:10 WIB
Datsun Cross diluncurkan di Mal Kota Kasablanka pada Kamis 18 Januari 2018. TEMPO/Naufal Shafly
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Datsun Cross menggunakan mesin berkode HR12DE berkapasitas 1.200cc dengan konfigurasi tiga silinder. Mesin tersebut sejatinya sama dengan produk mereka sebelumnya, Datsun GO +, hanya saja ada perbedaan di tenaga yang dihasilkan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Cross dibekali tenaga 68hp untuk varian dengan transmisi manual, sedangkan untuk varian transmisi CVT mampu menghasilkan tenaga 78hp. Mesin tersebut dapat menghasilkan torsi maksimum sebesar 104Nm.

Baca: Datsun Cross Diperkenalkan, Inilah Harga untuk Varian Tertinggi

Mobil ini bergerak melalui penggerak roda depan (FWD). Untuk varian transmisi manual, mesin dipadukan dengan lima percepatan. Sedangkan untuk varian CVT, Datsun mengkalim kinerjanya lebih baik dan lebih ringan dari transmisi otomatis konvensional.

Dalam rilis yang mereka keluarkan, Datsun mengkalim penggunaan pulley yang lebih kecil dan wub planetary gear secara bersamaan dapat menghasilkan efek ganda dalam performa yang responsif dari titik awal dan pada kecepatan rendah.

Teknologi CVT juga menghasilkan efisiensi bahan bakar yang lebih tinggi. Hal tersebut dikarenakan perpindahan gigi yang ringan dan mulus.

Efisiensi bahan bakar juga didukung oleh teknik circular bore honing yang berfungsi menjaga toleransi pada tingkat yang sangat minimum.

Baca: Datsun Cross Dijual Rp 163 Juta, Simak Pilihan Warnanya

Sementara pompa oli dan air dengan gesekan yang rendah mampu meminimalisir kehilangan tenaga yang terbuang percuma. Selain itu, efisiensi bahan bakar Datsun Cross juga ditingkatkan oleh Rasio kompresi yang lebih tinggi, piston cekung, dan penginjeksi bahan bakar yang terpecah menjadi atom yang lebih kecil.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi