Begini Konsep Modifikasi Chopper Jokowi
Reporter: Naufal Shafly
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 20 Januari 2018 14:07 WIB
Crew Elders Garage dan Kick Ass Chopper menunjukkan contoh sepeda motor custom model chopperland yang dipesan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Bogor, 20 Januari 2018. Adapun sepeda motor milik presiden berwarna kuning keemasan. TEMPO/Ahmad Faiz
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Sepeda motor custom bergaya chopperland milik Elders Garage dan Kick Ass Chopper dibeli Presiden Joko Widodo. Sepeda motor tersebut mengusung konsep motor harian dengan frame yang disesuaikan untuk ukuran postur tubuh orang Asia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Salah satu founder Elders Garage, Adrianka, menyebutkan ide awal motor tersebut bermula dari rekannya yang ingin membuat sepeda motor chopper dengan ukuran yang pas untuk orang Asia.

Salah satu founder Elders Garage Adrianka (kiri) dan mekanik David (kanan) berpose mengapit chopper pesanan Presiden Joko Widodo di bengkel Elders di Lebak Bulus, Jakarta Selatan, 19 Januari 2018. TEMPO/Naufal Shafly.

Chopper kan konsepnya Amerika banget nih, ukurannya gede-gede, tapi lihat ukuran postur orang Asia kan kecil-kecil. Jadi kami punya ide, gimana kalau (ukuran sepeda motornya) disesuaikan dengan postur orang Asia,” ujar Adrianka saat ditemui Tempo di bengkelnya pada Jumat, 19 Januari 2018.

Baca: Jokowi Kesengsem Chopper Buatan Elders Garage Sejak Tahun Lalu

Dia berpendapat, keistimewaan sepeda motor ini adalah cocok dipakai harian dan cocok dengan postur tubuh orang Asia yang relatif kecil jika dibandingkan dengan postur tubuh orang Amerika.

Video kesibukan mekanik Elders Garage menyiapkan chopper Jokowi.

“Istimewanya sih ini sepeda motor harian. Biasanya kan sepeda motor kayak gini dipakai cuma kalau weekend, tapi ini kita bisa pakai harian. (Mesin sepeda motor ini) Royal Enfield juga irit. Istimewanya lagi, ini ukuran untuk orang Asia,” ujar pria yang akrab disapa Anka ini.

Anka juga berpendapat, sepeda motor ini akan cocok untuk Jokowi. “Kayaknya bakalan pas deh sama Pak Jokowi,” ujar Anka sambal tertawa.

Simak: Pagi Ini Chopper Jokowi Diantar ke Istana Bogor

Kerangka asli sepeda motor ini adalah Royal Enfield Bullet 350 yang diproduksi tahun 2016. Kerangka asli dari sepeda motor ini juga akan dikirim ke Istana Bogor pada Sabtu, 20 Januari 2018. Anka menyebutkan surat-surat chopper Jokowi lengkap. "Pajak masih sampai Februari," tuturnya. Chopper Jokowi (@Elders_Garage)

Sepeda motor ini sudah mendapat sejumlah modifikasi pada bagian frame, tangki, setang, sepatbor, dan knalpot. Frame merupakan produk hasil kolaborasi Elders Garage dengan Kick Ass Chopper. Sedangkan untuk tangki, Anka mengaku memesan di salah satu bengkel di daerah Kota, Jakarta Pusat.

Sepeda motor ini dibangun selama satu bulan dan merupakan produk pertama yang digarap Elders Garage. Sepeda motor tersebut telah diantar ke Istana Bogor pada Sabtu pagi, 20 Januari 2018. Sebanyak 5 sepeda motor custom ikut riding mengiringi chopper Jokowi yang digendong di mobil towing.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi