Alasan Mitsubishi Menunda Pengiriman Xpander ke Luar Negeri
Reporter: Wawan Priyanto
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 23 Januari 2018 17:39 WIB
Mobil Multi Purpose Vehicle (MPV) buatan Mitsubishi, Xpander cukup menyita perhatian masyarakat Indonesia, terbukti dari pemesanannya yang sejauh ini sudah mencapai angka sekitar 30 ribu unit. Produksi Xpander juga akan ditingkatkan hingga 40 persen. auto.ndtv.com
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Bekasi - Mitsubishi Motors akan menunda ekspor Mitsubishi Xpander ke sejumlah negara. Sebelumnya, Mitsubishi menargetkan ekspor dilakukan pada Februari 2018. Namun tingginya permintaan domestik membuat rencana ekspor dijadwalkan ulang.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Kemungkinan ekspor dilakukan mulai pertengahan tahun," kata Irwan Kuncoro, Direktur Divisi Penjualan dan Pemasaran PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI), di sela-sela peresmian dealer Mitsubishi khusus kendaraan penumpang di Pekayon, Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 23 Januari 2018.

Baca: 5 Kesimpulan Setelah Menjajal Mitsubishi Xpander

Menurut Irwan, negara-negara tujuan ekspor Xpander yang sudah masuk perencanaan adalah Filipina, Thailand, Malaysia, Vietnam, Afrika Selatan, dan sejumlah negara Amerika Selatan. "Dari negara tujuan ekspor itu, Filipina memiliki kemiripan karakter dengan masyarakat Indonesia. Potensinya besar," ujarnya.

Irwan menambahkan, saat ini, total pesanan (surat pemesanan kendaraan) nasional yang sudah masuk mencapai 50 ribu unit. Dari angka itu, tipe Ultimate menjadi kontributor utama dengan jumlah pesanan lebih dari 50 persen. "Untuk saat ini, masa inden tipe Ultimate mencapai 3-4 bulan, tergantung warna," ucapnya.

Irwan juga mengatakan, saat ini, produksi kendaraan difokuskan pada tipe yang menjadi favorit konsumen, yakni Ultimate. "Saat ini, fokus produksi 100 persen untuk Ultimate. Tujuannya, untuk memperpendek masa inden," tuturnya.

Baca: Pasar MPV 2018, Setelah Ada Mitsubishi Xpander dan Wuling Confero

Sejak memperkenalkan model Mitsubishi Xpander pada Agustus tahun lalu, MMKSI agresif membuka dealer khusus penumpang di berbagai kota di Indonesia. Yang terbaru adalah meresmikan dealer khusus mobil penumpang di Pekayon, Bekasi.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi