Ford Menguji Prototipe Focus Sebelum Diproduksi di Cina
Reporter: Antara
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 23 Januari 2018 18:20 WIB
Seorang pekerja tengah mengelap mobil New Ford Focus yang dipamerkan pada pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 yang diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo di JI Expo Kemayoran, Jakarta, 19 Agustus 2015. Tempo/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Ford Motor Co menguji Ford Focus Protitipe model 2020, yang sudah didesain ulang, di jalanan Amerika Serikat 18 bulan sebelum masuk masa produksi di Cina. Focus 2020 akan menjadi mobil Ford buatan China pertama yang dijual di pasar Amerika Serikat.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Juru bicara Ford, Michael Levine, mengatakan Focus terbaru akan mulai diproduksi pada paruh kedua 2019 dan menampilkan lebih banyak teknologi dan lebih banyak ruang. Dia mengatakan Focus yang didesain ulang itu akan bersumber secara global, terutama dari Cina.

Baca: Fasilitas Mobil Swakemudi dan Mobil Listrik Ford Direlokasi

Ford mengatakan Juni tahun lalu bahwa Ford Focus model berikutnya untuk pasar Amerika Serikat akan berasal dari Cina dan bukan dari Meksiko seperti yang direncanakan sebelumnya. Pada saat itu, Ford mengatakan peralihan ke Cina sebagai pasar mobil terbesar di dunia akan menghemat biaya manufaktur US$ 500 juta.

Keputusan mengalihkan produksi Fokus AS dari Meksiko ke Cina mengisyaratkan adanya perubahan strategi Ford, sebagai respons terhadap penurunan permintaan mobil kecil di Amerika Serikat, yang lebih tertarik dengan truk dan kendaraan sport yang lebih mahal dan lebih menguntungkan.

Baca: Dianggap Boros, Efisiensi BBM SUV Ford Akan Dievaluasi

Hal ini juga mengindikasikan bahwa Cina dapat memainkan peran yang jauh lebih besar dalam produksi kendaraan masa depan untuk Amerika Utara, mungkin saja mengalahkan Meksiko sebagai tempat perakitan kendaraan berbiaya rendah, demikian menurut siaran Reuters.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi