Januari-Oktober, Ekspor Komponen Suzuki Naik 16 Kali Lipat
Reporter: Bisnis.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 7 Desember 2017 20:27 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - PT Suzuki Indomobil Motor (SIM) mencatat kenaikan ekspor komponen yang sangat signifikan. Pada tahun ini, hingga Oktober, pengiriman ke luar negeri tumbuh hingga 16 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Bahkan dibandingkan dengan sepanjang 2016, 10 bulan pertama tahun ini sudah jauh melampaui capaian tahun lalu.

Hady Surjono Halim, Dept Head of Export & Import PT Suzuki Indomobil Motor, mengatakan kenaikan tersebut karena adanya permintaan baru ke India. Hal ini selaras dengan tingginya tingkat produksi di India.

Baca: Toyota dan Suzuki Akan Kolaborasi Produksi Mobil Listrik

“Di tahun ini kami banyak mengekspor komponen mesin gear and shaft serta case transmission,” kata Hady, Kamis, 7 Desember 2017.

Dengan demikian, tahun ini India menjadi negara dengan pertumbuhan tertinggi. Pengiriman komponen ke negara yang memiliki fasilitas perakitan Suzuki terbesar itu naik enam kali lipat lebih menjadi 327.232 komponen.

Simak: Perang Mobil Murah Suzuki Ertiga Vs Wuling Confero

Sedangkan negara lain juga naik signifikan. Ekspor ke Thailand dan Pakistan naik 198 persen, atau menjadi 85.024 komponen.

Selanjutnya, Hady optimistis permintaan komponen Suzuki ke negara lain akan terus meningkat. Perusahaan siap menghadapinya dengan fasilitas pabrik yang berlokasi di Cikarang, Jawa Barat.

SIM memiliki rencana untuk menambah destinasi ekspor. Saat ini perusahaan tengah mempelajari kondisi pasar di setiap negara. “Kami akan melakukan ekspor ke negara-negara dengan potensi pasar yang bagus,” ujarnya.

BISNIS.COM


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi