Ingin Punya Motor ala Chopper Jokowi? Ini Perkiraan Biayanya
Reporter: Naufal Shafly
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 20 Januari 2018 09:47 WIB
Motor chopper yang kabarnya dibeli Presiden Jokowi. instagram.com
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Presiden Joko Widodo membeli sepeda motor custom bergaya chopperland. Sepeda motor itu diantar ke Istana Bogor, Sabtu pagi, 20 Januari 2018. Chopperland Jokowi merupakan hasil kolaborasi antara Elders Garage dan Kick Ass Chopper.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Lalu, berapa sih biaya yang harus dikeluarkan untuk membangun chopperland seperti milik Jokowi? Salah satu founder Elders Garage, Adrianka, menceritakan biaya yang dibutuhkan jika ada yang tertarik membangun sepeda motor seperti yang dibeli Jokowi.

Baca: Jokowi Beli Motor Custom Chopper, Berapa Harganya?

Sepeda motor yang dibeli Jokowi tersebut merupakan Royal Enfield Bullet 350 keluaran tahun 2016. Sepeda motor tersebut telah dimodifikasi di bagian frame, tangki, setang, dan knalpot.

Chopper Jokowi dibangun dari kerangka Royal Enfield Bullet 350 tahun 2016. TEMPO/Naufal Shafly

Adrianka menjelaskan, saat akan menggarap, ia beserta tim memikirkan cara supaya sepeda motor tersebut bisa dimodifikasi dengan menghemat anggaran. Ia menuturkan membangun sepeda motor seperti yang dibeli Jokowi membutuhkan biaya sekitar Rp 55 juta.

“Sebenarnya kami mikirnya supaya hemat. Kalau bahannya, ini dari Royal Enfield. Nah, dengan bahan lengkap dari Royal Enfield, biayanya sekitar Rp 55 juta,” ucap Adrianka saat ditemui Tempo di bengkelnya di Lebak Bulus pada Jumat, 19 Januari 2018.

Simak: Ini Dia Spesifikasi Motor Chopper Jokowi

Bagian asli sepeda motor ini adalah mesin, shock depan, tromol depan, tromol belakang, sepatbor, dan footstep. Untuk bagian sepatbor, Adrianka menjelaskan, sepatbor depan posisinya dipindah ke belakang.Chopper Jokowi sedang dipersiapkan di Bengkel Elders Garage di Jalan Lebak Bulus Raya 58 Jakarta Selatan, 19 Januari 2018. Motor itu akan dikirim ke Istana Bogor, Sabtu, 20 Januari 2018. TEMPO/Naufal Shafly

Sebelum dibeli Jokowi, sepeda motor ini telah dipakai riding Jakarta-Yogyakarta-Jakarta. Sepeda motor ini juga sempat diboyong ke Jepang untuk mengikuti ajang Yokohama Hot Rod Custom Show pada Desember tahun lalu.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi