Penjualan Mobil 2017, City Car Melonjak hingga 42,9 Persen
Reporter: Bisnis.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 24 Januari 2018 14:06 WIB

TEMPO.CO, Jakarta - Penjualan mobil perkotaan alias city car sepanjang tahun lalu naik 42,9 persen menjadi 32.047 unit dibanding capaian tahun sebelumnya.

City car adalah mobil yang mesin serta dimensinya didesain untuk jalan raya di kota besar yang biasanya padat dan macet. Nah, mobil mungil ini bisa dipakai untuk menghemat BBM karena konsumsinya tidak sebesar mobil jenis lain, misalnya multipurpose vehicle (MPV).

Baca: Penjualan Mobil 2017 Naik, Inilah Segmen Paling Laku

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), segmen pasar mobil perkotaan diisi sedikitnya sembilan model utama, yakni Suzuki Ignis, Honda Brio, Nissan March, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, Toyota Etios, Hyundai i10, Kia Picanto, dan Suzuki Celerio.

Laju penjualan segmen mobil perkotaan ditopang beberapa model yang meraih kenaikan penjualan signifikan, meski sebagian besar model lain menderita penurunan penjualan.

Baca: BMW Targetkan Penjualan Mobil Listrik Naik 2 Digit, Ini Alasannya

Suzuki Ignis, Honda Brio, Nissan March, serta Suzuki Celerio adalah model mobil perkotaan yang berhasil meraih angka penjualan positif. Sebaliknya, Daihatsu Sirion, Mitsubishi Mirage, Toyota Etios, Hyundai i10, dan Kia Picanto mengalami kinerja negatif alias penjualannya turun.

BISNIS


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi