Master Rem Diduga Berpotensi Rusak, Ini Jawaban Honda
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 25 Januari 2018 10:25 WIB
New Honda Brio Satya 2017. Dok HPM
Iklan
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Master rem beberapa model mobil Honda seperti Mobilio, Brio, BR-V, dan HR-V diduga mengalami kebocoran. Model-model tersebut diproduksi pada 2015, 2016, dan 2017.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Meski demikian, PT Honda Prospect Motor (HPM) menyatakan belum melakukan recall atau penarikan terhadap produk-produk yang diduga mengalami kerusakan. "Hingga saat ini kami masih melakukan studi terkait laporan atas dugaan adanya kerusakan pada master rem sejumlah produk mobil Honda," kata Yulian Karfili, Asisten Manager Public Relation PT HPM saat dihubungi Tempo, Kamis, 25 Januari 2018.

Baca: Ini Alasan Honda Jazz Menjadi Mobil Bekas Termahal 2017

HPM, lanjut Karfili, hingga saat ini belum bisa memastikan apakah akan ada recall atau tidak. "Bisa saja, tapi kami menunggu hasil studi berdasarkan laporan yang masuk," ujarnya.

Seorang mekanik Honda di sebuah bengkel resmi di Jakarta Selatan yang enggan disebutkan namanya mengatakan bahwa master rem pada sejumlah model Honda itu sebenarnya tidak mengalami kebocoran.

Hanya saja, lanjut dia, master rem itu diduga berpotensi akan mengalami kerusakan sebelum masa garansi habis, yakni 3 tahun. "Di bengkel kami, sejauh ini tidak ada laporan kerusakan kebocoran pada master rem. Tapi penggantian ini berdasarkan studi internal," ujarnya.

Baca: Honda Brio Ini Dilengkapi Mesin DJ Hingga PlayStation

Mekanik itu juga menyebutkan bahwa tidak seluruh model yang diproduksi pada tahun 2015, 2016, dan 2017, itu harus mendapatkan penggantian pada master rem. Bengkel, lanjut dia, telah memiliki data pada setiap unit yang menggunakan master rem yang diduga berpotensi bermasalah di kemudian hari.

"Penggantian dilakukan pada saat bersamaan ketika konsumen melakukan perawatan rutin mobil Honda mereka. Namun tergantung ketersediaan spare part," ujarnya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi