Pertamina Siapkan Energi Terbarukan untuk Mobil Listrik
Reporter: Bisnis.com
Editor: Wawan Priyanto
Rabu, 7 Februari 2018 10:17 WIB
Nissan Leaf 2018. Dok The Verge
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Singapura - PT Pertamina (Persero) melihat potensi dari tren kendaraan listrik ke depan. Perusahaan sumber energi milik negara ini pun tertarik menjadi penyedia listrik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Senior Vice President Research & Technology Center Pertamina Herutama Trikoranto mengatakan bahwa selama ini perusahaan menyediakan sumber energi dalam bentuk bahan bahan bakar minyak kepada sektor transportasi. Pertamina mencari kesempatan baru dibalik ancaman berakhirnya mesin berbahan bakar minyak.

“Tentu ke depan dengan hadir kendaraan listrik kami tetap ingin bisa berperan sebagai pemasok energi juga,” kata Heru di sela acara Nissan Futures di Singapura, Selasa, 6 Februari 2018. 

Baca: Tren Mobil Listrik, Pertamina Akan Produksi Baterai

Heru menjelaskan bahwa hal tersebut adalah langkah Pertamina dalam perencanaan besar memasuki babak baru, yaitu energi baru terbarukan. Lebih jauh Heru belum menjelaskan langkah teknis yang akan dilakukan Pertamina untuk ekspansi ke usaha yang benar-benar baru.

Sebelumnya Total juga melakukan hal serupa. Perusahaan minyak asal Prancis ini mengakuisisi perusahaan baterai Saft Group. Aksi korporasi bernilai USD1 miliar ini dilakukan untuk percepatan menyongsong energi ramah lingkungan.

Simak: Reaksi Pabrikan Mobil Soal Lambatnya Regulasi Mobil Listrik

Satu masalah dari penggunaan listrik untuk kendaraan adalah prosesnya. Sering kali listrik didapat dari kegiatan yang tidak ramah lingkungan.

Pertamina berupaya menghidari hal tersebut. Heru mengatakan bahwa perusahaan ini memastikan menyediakan energi baru terbarukan berasal dari sumber yang ramah lingkungan.

Dua energi baru terbarukan yang dapat dikonversi menjadi listrik adalah matahari dan angin. Heru belum memaparkan timeline Pertamina untuk mencapai hal tersebut.

BISNIS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi