Perbandingan Spek Suzuki Burgman dan Yamaha Lexi 125, Jawaranya..
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Sabtu, 10 Februari 2018 12:14 WIB
Suzuki Burgman Street. Sumber: rushlane.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Suzuki telah merilis skuter matik bongsor yaitu Suzuki Burgman Street akan menjadi pesaing Yamaha Lexi 125, Yamaha Aerox dan Honda PCX. Skuter ini telah dirilis dalam Auto Expo 2018 di India. Hingga saat ini, Suzuki belum jelas akan memasarkan di Indonesia. Yohan Yahya, Sales & Marketing 2W Dept Head PT Suzuki Indomobil Sales dalam acara Suzuki Bike Meet di Sirkuit Sentul, awal bulan lalu, SIS memastikan akan menelurkan produk baru diantaranya matic. Namun ia enggan menjelaskan lebih lanjut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Di India, Suzuki Burgman Street menggunakan wildshield dengan lampu yang meruncing yang sudah LED dan disertai DRL diatasnya. Pada lampu belakang sudah menggunakan LED dengan desain meruncing. Yamaha Lexi pun memiliki desain juga elegan dengan windshield dan headlamp yang lebar dengan penerapan lampu LED.

Baca: Suzuki Burgman Street Meluncur di India, Tenaga 8,6 HP

Pada kaki-kaki, Suzuki Burgman akan menggunakan kombinasi ban tubeless 90/90-12 di bagian depan dan 90/100-10 di bagian belakang. Di India, rata-rata skuter matik menggunakan ban ring 12 berbeda dengan Indonesia yang menggunakan ring 14. Yamaha Lexi menggunakan ban yang lebih lebar yaitu 90/90-14M/C 46P di bagian depan dan 100/90-14M/C 57P di belakang.

Soal pengereman, Maxi skuter Suzuki ini menggunakan rem cakram pada bagian depan dan teromol pada bagian belakang dengan Combi Brake System. Suspensi menggandalkan teleskopik pada bagian depan dan dual shock pada bagian belakang. Yamaha Lexi juga mengandalkan kombinasi serupa namun suspensi matik Yamaha ini menggunakan tabung yang menambah kestabilan saat melewati jalan tak rata.

Motor ini juga dilengkapi dengan bagasi underseat berkapasitas 21,5 liter yang lebih luas dibandingkan Yamaha Lexi hanya 12,8 liter. Dari dua kompartemen di depan, salah satu kompartemen ini bisa dikunci sementara yang lain terbuka. Di dalamnya, ada outlet 12V DC untuk pengisian perangkat elektronik yang juga bisa dijumpai di Yamaha Lexi 125.

Kapasitas tangki bahan bakar mencapai 5,6 liter. Kursinya lebar dan nyaman dan dilengkapi pijakan kaki. Berkaitan dengan instrumen, Suzuki menggunakan layar yang digunakan pada Satria F150 dan Suzuki GSX-R150. Sedangkan Lexi juga menerapkan indikator digital lengkap dengan penunjuk putaran mesin.

Baca: Alasan Kaum Perempuan Jadi Target Penjualan Yamaha Lexi 125

Burgman Street menggunakan mesin 124.3cc yang sama dengan mesin yang digunakan Access 125. Mesin ini berkekuatan 8,6 hp pada 7.000 rpm dan 10,2 Nm pada 5.000 rpm. Soal mesin meski sama-sama 125cc, namun Lexi unggul menghasilkan tenaga sebesar 8,75kW pada 8.000 rpm, serta torsi puncak sebesar 11,3 Nm pada 7.000 rpm. Belum lagi, Yamaha Lexi sudah menggunakan mesin berpendingin air dan dibekali Variable Valve Actuation.

Kelebihan lainnya, Yamaha Lexi 125 sudah menggunakan smart key yang tak perlu menggunakan anak kunci yang tak ditemui di Suzuki Burgman.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi