Suzuki Indonesia Siapkan Produk World Premiere, MPV atau SUV?
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 20 Februari 2018 06:45 WIB

GOOTO.COM, Jakarta - Indonesia menjadi salah satu negara yang dipandang Suzuki memiliki potensi bisnis menjanjikan. General Manager Strategic Planning Dept PT Suzuki Indomobil Motor Ryohei Uchiki mengatakan bahwa Suzuki Indonesia akan menyiapkan produk world premiere dalam waktu dekat ini. "Paling tidak, 2019 sudah bisa meluncur," kata Uchiki di pabrik Suzuki, Cikarang, Bekasi, Senin, 19 Februari 2018.

Uchiki belum dapat menjelaskan lebih detail soal produk apa yang akan diluncurkan di Indonesia itu. Hanya saja, kemungkinan adalah mobil yang akan mengisi segmen SUV atau MPV. "Pasar MPV dan SUV di Indonesia terus tumbuh. Keduanya sangat menjanjikan," ujarnya.

Baca: 90 Persen Pabrik Suzuki Cikarang Gunakan Teknologi Robotik

Menurut Uchiki, pabrik Suzuki di Cikarang saat ini merupakan pabrik Suzuki global terbaru yang dilengkapi dengan teknologi tercanggih. Bahkan, ia mengklaim teknologi yang diterapkan pada pabrik Suzuki di Cikarang lebih modern dibanding pabrik Suzuki di Jepang dan negara lain.

Mesin robot menyelesaikan perakitan mobil Suzuki Ertiga di Pabrik Suzuki Cikarang, Bekasi, Senin 19 Februari 2018. TEMPO/Wawan Priyanto

Dalam 10 tahun terakhir, lanjut Uchiki, Suzuki global membangun pabrik di Sagara, Jepang (2008), Thailand (2012), dan Cikarang (2015). Dalam peta bisnis Suzuki global, Indonesia akan dijadikan sebagai pilar ketiga setelah Jepang dan India.

Saat ini, total sebanyak 217 robot diberdayakan pada proses pengelasan (welding). 90 persen operasional pabrik didominasi teknologi robotik. Pabrik ini juga memiliki fasilitas pencetakan logam atau forging (untuk komponen transmisi) dan seat (jok mobil).

Simak: New Suzuki Ertiga Diekspor ke 25 Negara, Begini Pabriknya

Pabrik Cikarang didirikan dengan tujuan untuk meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produk kendaraan roda empat bagi pasar otomotif nasional maupun ekspor. Meski menggunakan teknologi robotik canggih, pabrik Suzuki di Cikarang menyerap 1.290 tenaga kerja. Pabrik ini dibagi dalam dua bangunan dengan dua proses produksi yakni powertrain production dan assembly production.

90 perkejaan operasional di pabrik Suzuki Cikarang dikerjakan robot canggih. Total terdapat 217 robot untuk memproduksi mobil, mesin, dan transmisi. Meski didominasi robot, pabrik ini menyerap 1.290 pekerja. 19 Februari 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.

Pabrik Suzuki Cikarang saat ini memiliki kapasitas produksi sebanyak 120 ribu per tahun untuk perakitan mobil, 71 ribu unit per tahun (mesin) dan 176 ribu unit per tahun (transmisi).

Simak: Suzuki Tingkatkan Ekspor Komponen Mulai dari Mesin hingga Body

Saat ini pabrik Suzuki Cikarang digunakan untuk memproduksi mobil New Suzuki Ertiga seluruh tipe untuk pasar domestik dan mesin New Ertiga (K14B berkapasitas 1.400cc), dan Karimun Wagon R (K10B berkapasitas 1.000cc), serta transmisi kendaraan roda empat. “Pabrik ini di masa mendatang juga akan memproduksi mobil-mobil baru Suzuki,” ujarnya.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi