Alasan Toyota Optimistis Impor Mobil 2018 ke Timur Tengah Naik
Reporter: Bisnis.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 11 Maret 2018 21:12 WIB
PT Toyota Astra Motor mengundang komunitas Toyota Yaris Club Indonesia dalam peluncuran New Toyota Yaris di Jakarta, 20 Februari 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Direktur Administration, Corporate, & External Affairs PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Bob Azam mengatakan kondisi di Timur Tengah saat ini sudah membaik berbanding terbalik dengan tahun lalu. Dia meyakini permintaan mobil di Timur Tengah akan meningkat pada 2018 seiring dengan menguatnya harga minyak dunia.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

"Secara keseluruhan, ekspor tahun lalu tumbuh, tetapi ada penurunan permintaan pasar di Timur Tengah karena melemahnya harga minyak dunia," ujarnya di sela-sela pemberian donapersen menjadi 116.971 unit dibandingkan dengan 2016.

Baca: Begini Cara TAM Memoles New Toyota Rush Agar Laku

Di tengah permintaan Timur Tengah yang melemah, pengapalan completely build up (CBU) TMMIN tahun lalu tertolong pertumbuhan pasar kendaraan bermotor di kawasan Asia Tenggara. Dengan capaian ini, Toyota berkontribusi 51,04 persen terhadap total volume ekspor CBU dari Tanah Air.

Menurutnya, kontribusi kawasan Timur Tengah mencapai 34 persen dari total 80 negara tujuan ekspor perusahaan perakit Toyota di Indonesia itu. "Arab Saudi menyumbang 60 persen dari kawasan itu," ucapnya.

Model sport utility vehicle (SUV) membukukan volume tertinggi. Toyota Fortuner menorehkan volume 69.589 unit atau 59,49 persen dari capaian perusahaan. Kemudian disusul sedan Vios 23.414 unit dan mobil serbaguna (multipurpose vehicle/MPV) Innova 18.705 unit.

Baca: Toyota Dinobatkan Sebagai Merek Terpopuler di Indonesia

Selain ke Timur Tengah, pada tahun ini TMMIN juga akan fokus di pasar Asia Tenggara karena pertumbuhan ekonomi sejumlah negara di sana meningkat signifikan. "Vietnam dan Filipina potensial. Begitu juga Laos dan Myanmar," kata Bob.

BISNIS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi