Lupa Kata Sandi? Klik di Sini

atau Masuk melalui

Belum Memiliki Akun Daftar di Sini


atau Daftar melalui

Sudah Memiliki Akun Masuk di Sini

Konfirmasi Email

Kami telah mengirimkan link aktivasi melalui email ke rudihamdani@gmail.com.

Klik link aktivasi dan dapatkan akses membaca 2 artikel gratis non Laput di koran dan Majalah Tempo

Jika Anda tidak menerima email,
Kirimkan Lagi Sekarang

Sensasi Menjajal All New Daihatsu Sirion Si Jagoan Slalom

Reporter

image-gnews
All New Daihatsu Sirion. 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.
All New Daihatsu Sirion. 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.
Iklan

TEMPO.CO, Jakarta - Kesan pertama menjajal All New Daihatsu Sirion adalah suspensinya keras. Ya, suspensi All New Daihatsu Sirion memang berkarakter keras. Tak salah jika mobil ini dikenal sebagai jagoan di lintasan slalom nasionl. Kegiatan yang ramai di tingkat nasional dan diikuti banyak peserta muda adalah Daihatsu Sirion Slalom College Battle dan Daihatsu Sirion Slalom Time Battle.

Meski demikian, keras di sini bukan berarti menghilangkan kenyamanan. Untuk penggunaan dalam kota yang mayoritas didominasi jalanan beraspal mulus, All New Daihatsu Sirion tetap nyaman digunakan untuk sehari-hari.

All New Daihatsu Sirion melaju di Tol Lingkar Luar Barat, Tangerang, Kamis, 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.

Pada bagian depan All New Daihatsu Sirion menggunakan MacPherson Strut, sementara di belakang torsion beam. Daihatsu menambahkan stabilizer untuk mengoptimalkan kinerja kaki-kaki Sirion terbaru.

Baca: Fitur Ini yang Diklaim Membuat All New Daihatsu Sirion Irit BBM

"Suspensinya memang memiliki karakter yang keras sehingga memberikan kestabilan pada saat digunakan untuk bermanuver tajam," kata Bambang Supriyadi, Product Improvement Department Head PT Astra Daihatsu Motor di sela-sela All New Daihatsu Sirion Media Test Drive di Tangerang, Kamis, 15 Maret 2018.

Ruang kemudi All New Daihatsu Sirion. 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.

Bambang menambahkan bahwa selama ini pihaknya telah melakukan survei pada konsumen Sirion yang mayoritas anak muda atau keluarga muda. Sebagian besar menginginkan kendaraan yang memiliki mesin responsif.

Namun, memiliki kepraktisan serta mendukung kebutuhan anak muda. Mulai dari fitur canggih di bagian interior, hingga perlengkapan pendukung untuk isi ulang baterai gadget pada sisi kiri kursi pengemudi.

All New Daihatsu Sirion, 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto

Model ini juga memenuhi syarat disebut sebagai city car masa kini. Selain perangkat hiburan yang mumpuni, All New Sirion juga dilengkapi dengan sejumlah kompartemen yang dapat digunakan untuk menyimpan botol minuman di pintu depan maupun belakang serta di konsol tengah, tepatnya di belakang shifter transmisi. Di bagian belakan jok depan (penumpang dan pengemudi) terdapat gantungan serba guna yang dapat menampung beban hingga 4 kilogram.

Simak: Inden Sebulan, All New Daihatsu Sirion Mulai Dikirim ke Konsumen Akhir Maret

Performa mesin mobil ini cukup bisa diandalkan. Meski hanya berkapasitas 1.3 liter, tapi memiliki performa yang baik. All New Daihatsu Sirion menggunakan mesin 1NR-VE, 4-silinder 1,3 liter berteknologi Dual VVT-i. Mesin ini menghasilkan tenaga 95 PS pada 6.000 rpm dan torsi 120 Nm pada 4.200 rpm. Tenaga mesin ini disalurkan melalui pilihan transmisi manual 5 percepatan atau otomatis 4 percepatan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Tempo menjajal versi otomatis maupun manual. Keduanya menyajikan sensansi yang berbeda. Pada versi manual, laju All New Sirion bisa dibuat galak seperti ketika mengikuti lomba slalom, namun perpindahan giginya tetap terasa halus. Sebaliknya, versi otomatis jelas tak segalak versi manual. Versi ini lebih menyajikan kenyamanan dalam berkendara.

All New Daihatsu Sirion. 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.

Meski menyandang sebagai city car mungil, All New Daihatsu Sirion menyajikan ruang kabin yang lapang. Tempo sempat mencoba duduk di bagian pengemudi maupun di kursi baris kedua. Di baris kedua, masih cukup lapang dengan leg room yang longgar untuk penumpang bertinggi badan 170 cm sekalipun. Posisi sandaran punggung juga tidak terlalu tegak sehingga manjanjikan kenyamanan bagi penumpang belakang sekalipun untuk berkendara jarak jauh.

All New Daihatsu Sirion diluncurkan di Indonesia pada 13 Februari 2018. Hingga saat ini sudah terpesan sebanyak 200 unit. Direktur Pemasaran ADM Amelia Tjandra mengatakan bahwa pengiriman unit ke konsumen akan dimulai pada akhir Maret 2018. All New Daihatsu Sirion ditargetkan terjual sebanyak 200 unit per bulan.

Simak: ADM Optimistis 200 Daihatsu Sirion Terjual per Bulan

Penampilan All New Daihatsu Sirion generasi ke-3 semakin sporti dengan penggunaan lampu utama LED, 15 inci polished alloy wheel, serta LED rear combi lamp.

All New Daihatsu Sirion dilengkapi charger smartphone yang terdapat di dashboard bagian tengah di samping kursi depan. 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.

All New Sirion dilengkapi dengan key free system dan Start / Stop Button disertai immobilizer, dan Digital AC yang memudahkan untuk mengatur suhu kabin sesuai keinginan. Dengan adanya 2-Din Touch Screen Audio dilengkapi Parking Camera, ditambah audio dan phone handsfree steering switch, semakin menambah kenyamanan dan kemudahan bagi pengendara.

Pada fitur keselamatan, All New Sirion juga dibekali beragam fitur seperti Anti Lock Brake System (ABS) dan Electronic Brakeforce Distribution (EBD), serta Vehicle Stability Control (VSC) yang berfungsi untuk mencegah oversteer dan understeer.

All New Daihatsu Sirion, 15 Maret 2018. TEMPO/Wawan Priyanto

All New Daihatsu Sirion juga dilengkapi dengan kantun udara pada empat titik (depan dan sisi samping kiri kanan kursi depan), ISOFIX, dan Seat Belt Reminder pada pengemudi dan semua penumpang. Model ini dilepas ke pasar dengan harga Rp 182,5 untuk tipe manual (M/T), dan Rp 193,5 juta untuk tipe otomatis (A/T).

Iklan



Rekomendasi Artikel

Konten sponsor pada widget ini merupakan konten yang dibuat dan ditampilkan pihak ketiga, bukan redaksi Tempo. Tidak ada aktivitas jurnalistik dalam pembuatan konten ini.

 

Video Pilihan


Debut Suzuki S-Presso di GIIAS 2022 Ramaikan Persaingan City Car

5 Agustus 2022

Teaser Suzuki S-Presso yang akan meluncur pada 11 Agustus 2022. (Instagram Suzuki)
Debut Suzuki S-Presso di GIIAS 2022 Ramaikan Persaingan City Car

Kehadiran Suzuki S-Presso di Indonesia akan mengisi segmen city car yang dihuni oleh beberapa mobil seperti Honda Brio RS, Daihatsu Sirion, hingga Nissan Magnite.


Alasan Daihatsu Sirion 2022 Tanpa Fog Lamp

23 Juni 2022

Daihatsu Sirion 2022. (ADM)
Alasan Daihatsu Sirion 2022 Tanpa Fog Lamp

Daihatsu Sirion terbaru tanpa fog lamp disebut tetap memenuhi kebutuhan pengguna kaum muda di perkotaan.


Tips Merawat Transmisi D-CVT Daihatsu Sirion Agar Berumur Panjang

23 Juni 2022

All New Daihatsu Sirion di Tomohon.
Tips Merawat Transmisi D-CVT Daihatsu Sirion Agar Berumur Panjang

Transmisi D-CVT Daihatsu Sirion bisa lebih awet dengan menjaga kuantitas dan kualitas olinya. Penggantian oli transmisi dilakukan setiap 80 ribu km.


Menguji Performa Daihatsu Sirion 2022 di Jalur Perbukitan Manado - Tomohon

23 Juni 2022

Daihatsu Sirion 2022. (ADM)
Menguji Performa Daihatsu Sirion 2022 di Jalur Perbukitan Manado - Tomohon

Fitur Hill Start Assist (HSA) Daihatsu Sirion terbaru berfungsi untuk mencegah mobil bergerak mundur saat berada di tanjakan selama beberapa detik.


Alasan Test Drive All New Sirion di Manado-Tomohon

22 Juni 2022

All New Daihatsu Sirion di Tomohon.
Alasan Test Drive All New Sirion di Manado-Tomohon

Biasanya test drive mobil Daihatsu diadakan di Jawa. Apa yang membuat test drive All New Sirion 2022 kali ini berbeda?


Daihatsu Sirion dan Rahasia Warna Merah di Sulawesi Utara

22 Juni 2022

Daihatsu Sirion. Foto: Astra Daihatsu Motor
Daihatsu Sirion dan Rahasia Warna Merah di Sulawesi Utara

Mobil Daihatsu ternyata laris manis di Sulawesi Utara terutama yang berwarna merah. Apa sebabnya?


All New Daihatsu Sirion Melahap Kawasan Perbukitan Tomohon

21 Juni 2022

All New Daihatsu Sirion di Tomohon.
All New Daihatsu Sirion Melahap Kawasan Perbukitan Tomohon

PT Astra Daihatsu Motor menggelar test drive All New Daihatsu Sirion di perbukitan Tomohon. Simak informasi selengkapnya di sini!


Mobil Baru Daihatsu Sirion Resmi Diperkenalkan, Harganya Rp 227 Juta

2 Juni 2022

Daihatsu Sirion. (Foto: PT ADM)
Mobil Baru Daihatsu Sirion Resmi Diperkenalkan, Harganya Rp 227 Juta

Mobil baru Daihatsu Sirion secara resmi diluncurkan di pasar Indonesia pada hari ini, Kamis, 2 Juni 2022. Simak informasi lengkapnya di sini!


9.378 Daihatsu Rocky Kena Recall, Masalah Sama Seperti Toyota Raize

11 Maret 2022

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan SUV terbaru mereka di tahun ini, yakni Daihatsu Rocky. Mobil yang lama dinanti konsumen di Indonesia ini dibekali dua pilihan mesin, yakni 1.0L Turbo dan 1.2L dengan harga mulai dari Rp 178,9 juta hingga Rp 236,1 juta OTR Jakarta. daihatsu.co.id
9.378 Daihatsu Rocky Kena Recall, Masalah Sama Seperti Toyota Raize

Permasalahan apron Daihatsu Rocky ada pada titik pengelasannya, yang dinilai kurang tepat. Perbaikan Daihatsu Rocky dan Toyota Raize gratis.


Daihatsu Gelar Promo Part Bazar Online, Diskon Akhir Tahun Hingga 90 Persen

15 Desember 2021

Booth Daihatsu di GIIAS 2021, 12 November 2021. Pengunjung penasaran dengan All New Daihatsu Xenia. TEMPO/Dicky Kurniawan
Daihatsu Gelar Promo Part Bazar Online, Diskon Akhir Tahun Hingga 90 Persen

Program promo Daihatsu juga berupa diskon akhir tahun untuk pembelian chemical perawatan berkala. Sahabat Klub Daihatsu disiapkan program 12.12.