Inilah Pesaing Toyota C-HR yang Sedang Disiapkan Honda
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 1 Mei 2018 13:58 WIB
Ilustrasi SUV Honda Pesaing Toyota C-HR. Sumber: autocarindia.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHonda telah menyiapkan dua jagoan dalam merespon tingginya permintaan pasar terkait dengan segmen Sport Utility Vehicle (SUV), terutama pasar India. Honda di India telah sukses dengan Honda WR-V sebagai crossover, kini mereka menyiapkan SUV Kompak dengan panjang kurang dari 4 meter sebagai penantang Hyundai Creta dan Toyota C-HR yang akan dirilis kemungkinan 2020. Satu lagi, SUV dengan ukuran lebih dari 4 meter.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Menurut laporan Autocar India, kedua SUV baru ini akan dibangun dengan platform yang sama Honda Amaze baru. Sumber internal Honda mengatakan platform Amaze baru dengan kode 2UA telah membuka kemungkinan lahirnya produk baru. Di mana platform Amaze sebelumnya pada dasarnya adalah platform mobil kecil dan harus dimodifikasi untuk menelurkan crossover BR-V. Sebagai contoh, platform telah direkayasa untuk menempatkan roda yang lebih besar sebagai ciri khas mobil SUV.

Baca: Honda Small RS Concept Dinobatkan Best World Premiere IIMS 2018

 

SUV baru pertama dari Honda akan menjadi model empat meter yang akan mengaet peminat Suzuki Vitara Brezza, Ford EcoSport dan Toyota C-HR. SUV kecil ini akan secara efektif menggantikan crossover WR-V. Mengingat bahwa SUV kompak akan dibangun pada platform Amaze berbiaya rendah, harga harus lebih kompetitif daripada WR-V yang menggunakan platform Jazz/City. Dalam desain, model baru diharapkan memiliki desain yang sporty sebagai SUV kompak. Ruang kabin lebih lega sebagai pertimbangan pada SUV baru.

Ilustrasi SUV Honda Pesaing Toyota C-HR. Sumber: autocarindia.com

Model kedua SUV kemungkinan memiliki dimensi 4,2 meter hingga 4,3 meter yang lebih besar yang akan menargetkan Hyundai Creta. SUV ini akan diposisikan sebagai mobil premium dibandingkan dengan crossover BRV yang jelas seperti MPV. BR-V saat ini sepertinya tidak akan diganti di India tetapi diperkirakan akan terus berlanjut di negara lain, seperti Indonesia, dengan pasar MPV yang cukup besar.

Autocar menyebut sumbernya belum bisa memastikan apakah SUV baru ini akan memiliki lima kursi atau tujuh kursi seperti BR-V. Fakta bahwa Creta gen-berikutnya yang datang pada 2021 akan ditawarkan dengan tujuh kursi pasti akan membuat Honda mengambil langkah fenomenal.

Baca: Penjualan Mitsubishi Sukses dengan 2.644 Lembar SPK

Kedua model SUV dari Honda akan menggunakan mesin dan gearbox yang saat ini sudah ada. Sementara SUV yang lebih besar bisa mendapatkan mesin bensin 1,5 liter dari sedan City dan SUV kompak akan mendapatkan mesin bensin 1.2 liter dari Amaze. Model-model baru juga akan ditawarkan dengan opsi mesin diesel, sesuatu yang penting untuk sukses di segmen SUV. Mesin yang dimaksud adalah unit Earth Dreams 1,5 liter. Opsi gearbox otomatis dan manual akan ditawarkan juga, termasuk combo diesel-CVT baru yang memulai debutnya di Amaze.

Honda telah mengungkapkan rencana untuk merilis enam model baru pada 2020.

AUTOCAR INDIA

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi