Cina Bebaskan Pajak Mobil Listrik, Penjualannya Meroket
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 12 Mei 2018 08:17 WIB
Seorang anak duduk di dalam city car listrik BIRO buatan Shandong HTM di Yantai, Cina, 21 November 2014. Komponen utama dan rancangan asli mobil ini berasal dari Italia serta telah mendapat sertifikasi keamanan jalan Eropa (L6E). ChinaFotoPress via Getty Images
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Beijing - Pasar mobil energi terbarukan (termasuk mobil listrik) di Cina per April 2018 dilaporkan meningkat seiring dengan dukungan pemerintah terhadap kendaraan ramah lingkungan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Data terbaru Asosiasi Pabrik Pembuat Mobil Cina (China Association of Automobile Manufacturers/CAAM) menyatakan penjualan mobil energi terbarukan meningkat 138,4 persen year-on-year menjadi 82 ribu unit pada April 2018. Pertumbuhannya lebih tinggi dibanding penjualan bulan Maret yang hanya 117,4 persen. Produksinya pun ikut tumbuh. 

Baca: Daftar 10 Mobil Listrik Terlaris 2017, Mobil Cina Jawaranya

Cina telah mengintensifkan upaya mendorong penggunaan mobil dengan energi terbarukan untuk mengurangi polusi udara dan menekan kerusakan lingkungan lainnya. Pemerintah menawarkan pembebasan pajak dan diskon untuk pembelian mobil energi terbarukan.

Cina menjadi pasar terbesar di dunia untuk kendaraan energi terbarukan (juga mobil listrik) selama tiga tahun berturut-turut, dengan penjualan sekitar 777 ribu unit pada 2017.

Pemerintah mengharapkan penjualan mobil energi terbarukan mencapai 2 juta unit pada 2020, dan penjualan kendaraan ini ditargetkan 20 persen dari keseluruhan pasar mobil pada 2025.

Baca: Kemenkeu Dukung Mobil Listrik Bebas Pajak

Sebanyak 2,32 juta unit kendaraan terjual di Cina pada April 2018, naik 11,47 persen (year-on-year), menurut CAAM. Sedangkan produksi mobil naik 12,27 persen menjadi 2,4 juta unit.

CHINA DAILY

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi