Kuartal I 2018 Dealer Wahana Jual 127 Ribu Sepeda Motor Honda
Reporter: Bisnis.com
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 25 Mei 2018 09:57 WIB
Konsumen mencoba langsung performa 4 tipe sport honda yaitu Honda CBR150RR, CB150 Verza, CBR150R dan CBR150R di Honda Sport Motoshow 2018 yang diselenggarakan Main Dealer Honda Wahana Makmur Sejati di Living World, Serpong, 19-20 Mei 2018. Dok. Wahana
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Wahana Makmur Sejati, dealer utama sepeda motor Honda di Jakarta dan Tangerang yang juga anak usaha Wahana Artha Group, sepanjang 2018 hingga April meraih angka penjualan 127.000 unit, meningkat sekitar 5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Chief Marketing Officer PT Wahana Makmur Sejati (WMS) Edi Setiawan mengatakan bahwa capaian penjualan tersebut membuat Wahana mendominasi pasar sepeda motor di Jakarta dan Tangerang hingga 70,3 persen.

"Ini juga didukung oleh produk berkualitas yang dikenalkan kepada masyarakat," kata Edi pada acara Buka Puasa Bersama Wahana dengan Media di Jakarta, Kamis, 25 Mei 2018.

Baca: AISI: Dolar Naik Belum Berpengaruh ke Industri Sepeda Motor

Selain itu, lanjutnya, Wahana juga memaksimalkan proses distribusi produk ke jaringan diler di Jakarta dan Tangerang yang sebanyak 119 unit.

Dia mengatakan bahwa setelah memiliki dua pusat distribusi di Cimanggis, Depok; dan Jatake, Tangerang, Wahana telah menambah distribution center baru di Jatiasih, Bekasi, pada 2 Mei 2018.

Pusat distribusi terbaru di Jatiasih ini berdiri di atas lahan 16.800 meter persegi dan berkapasitas 7.000 unit sepeda motor. "Kami sengaja memilih Jatiasih karena dekat dengan pabrik Honda yang baru, pabrik Honda kelima di Karawang."

Baca: TVS Akan Luncurkan 4 Model Baru di Jakarta Fair, CBU dari India

Menurutnya, keberadaan pusat distribusi ini sangat penting untuk meningkatkan efisiensi pengiriman produk, terlebih belakangan ini ada pembatasan waktu pengiriman di tengah lalu lintas Jakarta yang sering macet.

"Sekarang pengiriman tidak boleh di bawah pukul 09.00 WIB. Dulu, kondisi macet masih bisa kami siasati dengan pengiriman pagi-pagi sebelum macet, sekarang susah. Oleh karena itu, keberadaan pusat distribusi penting sebagai bagian dari strategi distribusi," katanya.

Menurutnya, peningkatan penjualan sepeda motor Honda tersebut juga turut mendongkrak penjualan suku cadang Honda Genuine Part. "Sepanjang tahun ini hingga April, penjualan suku cadang mencapai Rp143 miliar," ujarnya.

Untuk mendukung bisnis suku cadang ini, Wanaha memiliki Part Distribution Center di Cimanggis, Depok.

Tidak hanya di Jakarta dan Tangerang, Wahana Group juga mengembangkan bisnis ritel sepeda motor melalui PT Wahana Artha Ritelindo, yang merambah juga berbagai wilayah berkembang di luar kedua wilayah tersebut.

Saat ini, Wahana Artha Ritelindo memiliki 28 diler yang tersebar di Jakarta, Tangerang, Bandung, Yogyakarta, Palembang, Kupang, hingga Kotamobagu.

Adapun untuk distribusinya, Wahana memiliki Tristar Transindo yang bergerak di lini bisnis jasa angkutan logistik. Tak hanya memberika layanan angkutan sepeda motor, Tristar Transindo juga menyediakan beragam jasa seperti angkutan mobil, cargo, hingga ritel dan rental kendaraan.

"Saat ini Tristar Transindo memiliki 140 motor carrier, 99 car carrier, 69 cargo, 6 towing, dan ratusan mobil rental," kata Yos Darmawan, Chief Executive Officer Tristar Transindo.

BISNIS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi