Mengintip Kecanggihan Kabin Mobil Sport Honda NSX
Reporter: Tempo.co
Editor: Wawan Priyanto
Jumat, 25 Mei 2018 16:00 WIB
Honda NSX di Honda Gallery, Senayan City, Jakarta Selatan, 24 Mei 2018. Dok HPM
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Honda NSX merupakan mobil sport yang diluncurkan pada pameran Tokyo Motor Show 2015 silam. Model ini memiliki desain yang agresif dan bisa disebut sexy. Desainnya juga sporty dengan menekankan tingkat aerodinamika tinggi. Nah, model ini ada di Indonesia dan saat ini dipamerkan di Honda Gallery Senayan City, Jakarta Selatan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Saat acara buka puasa bersama, Kamis malam, 24 Mei 2018, kalangan media untuk pertama kalinya diberi kesempatan memasuki bagian dalam Honda NSX. Sebab, selama ini pintu mobil Honda NSX rapat terkunci dan tidak boleh dimasuki pengunjung.

Baca: Kegarangan Honda NSX GT3 Jadi Perhatian Pengunjung IIMS 2018 Nah, duduk di dalam kabin Honda NSX menyajikan sensasi yang berbeda. Tentu tidak seperti ketika duduk di mobil biasa. Lantai kabin yang rendah, desain dashboard sporty dengan beragam tombol dan layar sentuh cukup besar membuat pengemudi seolah-olah berada di dalam kabin pesawat jet.

Kabin NSX memiliki desain yang minimalis dengan kursi ergonomis berbahan kulit dan setir yang dilengkapi fitur Electric Power Steering (EPS) untuk mendukung kelincahan dan kesenangan berkendara.

Interior Honda NSX sangat sporty dan canggih. 24 Mei 2018. TEMPO/Wawan Priyanto.

Sedangkan untuk hiburan di perjalanan, Honda NSX dilengkapi audio berkualitas premium dari ELS Studio yang dilengkapi 9 speaker untuk memberikan kualitas suara yang setara dengan studio pribadi.

Sayang, kesempatan ini hanya sebatas duduk saja, dan tentu saja gatal rasanya ingin menginjak pedal gas dalam-dalam untuk merasakan performa mesinnya. Namun, rasa penasaran soal mesin NSX sedikit terjawab ketika crew Honda Gallery menhidupkan mesin NSX. Suara yang keluar dari 4 lubang kenalpot cukup menggelegar.

Baca: Honda Siapkan 114 Titik Posko Siaga di Jalur Mudik 2018

Direktur Marketing dan Layanan Purnajual PT Honda Prospect Motor Jonfis Fandy mengatakan bahwa sejak dipamerkan di Senayan City, beberapa pengunjung ingin membeli Honda NSX. "Sayangnya saat ini belum dijual. Tapi jika permintaan cukup tinggi, kami mungkin akan menjualnya," kata Jonfis.

Motor listrik Honda NSX terletak di bagian depan. TEMPO/Wawan Priyanto

Honda NSX merupakan mobil sport berkapasitas 2 penumpang yang diproduksi di Perfomance Manufacturing Center, Ohio, Amerika. Model ini menggunakan bahan aluminium yang ringan dan kokoh serta bentuk yang aerodinamis. Honda NSX didesain untuk memaksimalkan pengalaman berkendara yang sporty sebagai representasi dari NSX; New Sports eXperience.

Honda NSX mengusung mesin 3.5L DOHC Twin-Turbo V6 yang menghasilkan tenaga 500 hp pada 6.500 – 7.500 rpm dan torsi maksimal 406 lb-ft pada 2.000 hingga 6.000 rpm. Saat dikombinasikan dengan tenaga ekstra dari mesin hybrid, Honda NSX mampu menghasilkan tenaga hingga 573 hp dan torsi 476 lb-ft, serta berakselerasi hingga 96,5 kilometer per jam dalam 2,7 detik dan kecepatan maksimal 307,38 kilometer per jam.

Baca: Galeri Honda di Senayan City Diluncurkan, Pertama di Dunia

Selain perpaduan mesin berbahan bakar dan hybrid, performa Honda NSX juga didukung transmisi dual-clutch 9 percepatan dan penggerak All Wheel Drive (AWD) dengan dua motor elektrik di bagian depan dan satu motor elektrik di bagian belakang yang berfungsi mendistribusikan tenaga serta memaksimalkan traksi pada setiap roda, untuk menghasilkan pengendalian yang presisi walaupun dikendarai dalam kecepatan tinggi.

Mesin konvensional Honda NSX terletak di bagian belakang. TEMPO/Wawan Priyanto

Secara dimensi, Honda NSX memiliki ukuran 4.490 x 1.940 x 1.215 mm dan berat 1.780 kg, serta kapasitas bahan bakar sebesar 59 liter. Di bagian roda, Honda NSX dilengkapi rem berbahan keramik karbon serta suspensi aluminum untuk performa yang maksimal. Sedangkan untuk menjaga suhu mesin, Honda NSX telah dilengkapi dengan 10 pipa udara.

Honda NSX memiliki 4 mode berkendara, yakni Quiet Mode dengan suara mesin yang sangat halus dan cocok digunakan untuk berkendara di kawasan perumahan, ditandai dengan lampu indikator berwarna biru. Sport Mode juga hadir sebagai mode standar untuk menghasilkan mesin yang bertenaga dengan suara rendah, cocok untuk digunakan bermanuver ditengah kota dan ditandai dengan lampu indikator berwarna abu-abu.

Selanjutnya, pengendara dapat memilih Sport+ Mode untuk tenaga mesin yang lebih agresif dan akselerasi lebih cepat, serta lampu indikator akan seketika berubah warna menjadi merah.

Sedangkan apabila pengendara menginginkan performa yang paling maksimal untuk berlaga di sirkuit, Track Mode dapat dipilih untuk mengeluarkan tenaga tertinggi Honda NSX dengan sensasi raungan mesin yang sangat terasa dan lampu indikator berwarna merah menyala.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi