Simak Keungggulan Fitur Cruise Control pada Mobil
Reporter: Bisnis.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 27 Mei 2018 10:56 WIB
Ilustrasi Cruise Control. Sumber:bisnis.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Mobil keluaran terbaru sudah mengadopsi cruise control pada roda kemudi. Banyak yang berpendapat bahwa fitur cruise control mampu memberikan kenyamanan saat berkendara. Namun, jika dimanfaatkan dengan cara yang salah, fitur ini bisa menjadi masalah. Lalu apa itu sebenarnya cruise control? Bagaimana cara menggunakannya?

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Mungkin Anda akan cepat lelah ketika berkendara jarak jauh hingga ratusan kilometer, terutama ketika Anda harus menekan pedal gas terus menerus. Hal ini akan membuat kaki kaku dan pegal. Saat ini sudah ada solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut, yakni penggunaan fitur cruise control.

Baca: Mengintip Kecanggihan Kabin Mobil Sport Honda NSX

Cruise control adalah salah satu teknologi baru yang diterapkan pada mobil dengan fungsi mengatur kecepatan mesin stabil tanpa membutuhkan pijakan pedal gas. Fitur ini memungkinkan mobil untuk tetap bergerak dengan kecepatan yang stabil tanpa kaki harus menginjak pedal gas. Cruise control kerap juga disebut sebagai speed control atau juga autocruise. Meskipun namanya berbeda, namun fungsinya tetap sama saja.

 

Untuk mengaktifkan fitur cruise control, umumnya Anda harus memacu kecepatan sesuai yang diinginkan, 60 kilometer per jam misalnya. Kemudian, tekan tombol cruise control. Mobil dengan sendirinya akan mempertahankan kecepatan untuk tetap stabil pada kecepatan tersebut tanpa perlu menekan pedal gas lagi.

Namun dari aturan pabrikan biasanya membatasi kecepatan cruise control minimal 40 kilometer per jam. Bila tingkat laju di bawah kecepatan tersebut, maka fitur ini tidak dapat aktif. Inilah yang menjadi alasan mengapa fitur cruise control hanya bisa efektif digunakan di jalan bebas hambatan atau jalan tol.

Fitur ini tidak dapat digunakan ketika berada di kondisi jalan yang ramai karena sangat berisiko tertabrak. Untungnya, mobil dengan fitur cruise control juga dilengkapi sensor tertentu. Sensor yang umumnya menggunakan teknologi laser ini membuat mobil mampu mendeteksi jarak dengan kendaraan lain yang berada di depan.

Mobil akan mengerem ketika jarak mobil sudah terlalu dekat sehingga Anda dapat siap berhenti. Sebaliknya juga begitu, ketika mobil mendeteksi jarak yang terlalu jauh dengan kendaraan depannya, mobil akan menambah kecepatan.

Baca: Enaknya Punya Mobil Lexus, Servis Bisa di Rumah

Meski pengendalian pedal gas sudah terotomatisasi dengan baik, bukan berarti Anda tidak menghiraukannya begitu saja. Anda tetap harus berkonsentrasi dengan keadaan di depan. Pasalnya, ada kemungkinan pengemudi lain yang mendahului atau muncul dari arah yang berbeda.

Nah, itulah pemaparan sebenarnya tentang cruise control pada mobil serta bagaimana cara penggunaannya yang tepat dan aman. Nissan Serena adalah salah satu mobil dengan fitur cruise control terbaik di kelasnya. Mengemudi dengan Nissan Serena di jalan bebas hambatan jadi terasa sangat nyaman dan tentunya menjaga Anda dan penumpang lain lebih aman.

BISNIS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi