Siap-siap, Suzuki Jimny dan Jimny Sierra Meluncur 5 Juli 2018
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 11 Juni 2018 11:30 WIB

GOOTO.COM, Jakarta -

Suzuki Motor Corporation segera akan meluncurkan generasi terbaru Suzuki Jimny pada bulan Juli 2018. Indian Auto Blog melaporkan bahwa, anak perusahaan Suzuki Jepang mulai melakukan kegiatan promosi. Dealer Suzuki, Asahi Motors membocorkan informasi bahwa generasi terbaru Jimny akan diungkap secara resmi pada 5 Juli 2018.

Dari bocoran tersebut, terungkap dua model Suzuki Jimny bakal diluncurkan, yakni Jimny dan Jimny Sierra. Kedua model itu kabarnya sudah diproduksi di pabrik Suzuki di Jepang. Dari foto yang beredar, Jimny generasi terbaru mirip Mercedes-Benz G-Class tapi dalam versi yang lebih mini.

Baca: Jeep Mulai Tebar Teaser Renegade 2019 Pesaing Suzuki Jimny

Suzuki Jimny baru-baru ini dipaparkan di acara tertutup di Jepang. Gambar yang dibagikan awal minggu ini mengungkapkan tata letak dasbor dari model terbaru yang meminjam bagian dari Swift dan Ignis.

Desain eksterior dan interior mengikuti pendekatan neo-retro yang memadukan garis tegas dengan sentuhan modern dalam bentuk headlamp proyektor, sistem infotainment layar sentuh, kontrol AC otomatis dan banyak lagi.

Jimny terbaru hadir dalam konfigurasi hardtop 3-pintu. Namun, tidak tertutup kemungkinan versi soft top dan wheelbase lebih panjang bakal diluncurkan di masa mendatang. Generasi terbaru Suzuki Jimny akan ditopang sasis ladder-frame yang dikembangkan secara khusus.

Pasar Jepang akan mendapatkan mesin bensin R06A berkubikasi 660cc untuk memenuhi persyaratan pajak dan insentif Kei Car. Secara global, Suzuki Jimny dibekali mesin mesin 1.0 L K10C Boosterjet, 1.2 L K12C DualJet, dan 1.2 L K10B bensin tergantung pada pasar. Jimny generasi terbaru diperkirakan memiliki opsi transmisi manual dan otomatis serta transmisi 4x4.

Puluhan Suzuki Jimny 2018 siap dipasarkan. Sumber:autoevolution.com

Kehadiran generasi terbaru ini terbilang cukup lama berselang setelah generasi ketiga perdana diluncurkan 20 tahun silam.

Di India, model generasi kedua dijual sebagai Maruti Gypsy. Sebuah laporan lama mengklaim bahwa Suzuki akan membawa Jimny ke India sebagai pengganti Maruti Gypsy yang sudah tua. Suzuki Jimny dapat diposisikan sebagai produk gaya hidup di India. Manufaktur lokal dapat membuka jalan untuk diekspor dari India, memperkuat garis bawah pabrik Gujarat.

Baca: Suzuki Jimny 2018 Mini Mercy G-Class Siap Dikirim ke Asia

Di Indonesia, Suzuki Jimny terakhir masuk pada tahun lalu sebanyak 88 unit. Semuanya ludes terjual. Dalam berbagai kesematan, Suzuki Indonesia akan mempertimbangkan untuk mendatangkan Suzuki Jimny jika permintaannya tinggi. “Jadi ini kami agak kewalahan. Prediksi awal di GIIAS 2017 bisa ditampilkan dan masih bisa untuk stok satu bulan ke depan,” kata Dony Saputra, 4W Marketing Director PT SIS, di Tartine FX Sudirman, Jakarta, Sabtu 17 Juni 2017.

Sebelumnya SIS sudah memperkenalkan Suzuki Jimny saat GIIAS 2016. Jimny sendiri merupakan model offroad bersejarah bagi Suzuki.

Model pertama Suzuki Jimny diperkenalkan pada 1970. Di era 1990-an seri SJ yang terkenal di antaranya Sierra, Katana, dan Caribian. Sementara generasi ketiga Jimny diluncurkan di Indonesia pada 1998.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi