Paten Honda CBX Cafe Racer: Klasik Tapi Modis
Reporter: Terjemahan
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 4 Juli 2018 10:59 WIB
Paten Honda CBX.Sumber: motorcycle.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaHonda terungkap mendaftarkan paten desain sepeda motor yang kemungkinan menjadi model baru Honda CBX. Sejumlah gambar desain telah diajukan ke kantor hak paten dan intelektual Jepang dan mengungkapkan rincian yang signifikan tentang desain dan detail model, namun belum terungkap spesifikasinya maupun teknologi yang akan digunakan. Namun motor ini akan menggunakan mesin enam silinder berpendingin cairan dan kemungkinan akan mengadopsi teknologi terkini di kelas superbike.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Yamaha Xmax Warna Baru Ditawarkan Secara Online, Catat Tanggalnya

Desainnya secara keseluruhan adalah gaya styling cafe racer klasik, dengan lampu bulat klasik ditambah fairing mungil yang akan mengingatkan pada motor balap era 1960-an. Motor ini stang clip-on, lampu sorot yang menukik, dan rear seat cowl mirip desain Triumph Thruxton R, atau BMW R nine T Racer.

Paten Honda CBX.Sumber: motorcycle.com

Adapun jok single seater namun nampak adanya footstep untuk pembonceng. Juga pada buntut tawon terlihat adanya garis seolah bisa dilepas dan ada jok mungil di dalamnya. Pada bagian belakang ada lampu rem mungil klasik dengan bentuk spakbor belakang mirip desain di CBR250RR. Pada lampu depan bulat besar dengan gaya proyektor kemungkinan sudah LED serupa dengan yang dipakai CB1000.

Namun, gambar-gambar itu masih berbentuk hak paten belum menuju bentuk produksi. Kemungkinan produk prototipe Honda CBX ini akan muncul pada pameran di akhir tahun yaitu EICMA 2018 di Italia. Kegagahan dan keunikan model klasik akan menambah pilihan para pengemar motor yang ingin bernostalgia dengan masa lalunya.

Baca: Facelift Dongkrak Penjualan Honda BR-V di Bulan Juni 2018

Honda memproduksi CBX dari 1978 hingga 1982, dan merupakan andalan Honda selama masa itu. Honda CBX pertama kali menggunakan mesin in-line enam silinder 1047 cc yang menghasilkan 105 bhp. Motor ini adalah produksi motor jalanan dengan enam silinder pertama yang disusupi teknologi mesin balap Grand Prix.

MOTORCYCLE | AUTO NDTV

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi