Modifikasi Rp 300 Juta, Truk Avengers Juara Jogja Truck Festival
Reporter: Pribadi Wicaksono (Kontributor)
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 10 September 2018 08:28 WIB

GOOTO.COM, Yogyakarta - Sebuah truk modifikasi dengan tema superhero yang terinspirasi dari film Avengers milik warga Kendal Danu Siswoyo berhasil menjadi jawara utama Jogja Truck Festival di Yogyakarta, Minggu petang, 9 September 2018.

Truk yang modifikasinya menghabiskan biaya Rp 300 juta itu dinobatkan sebagai The Best King of Truck Modification 2018 dan membawa pulang piala bergilir dari Wakil Gubernur DIY Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Ario Pakualam X.

Kemenangan truk Avengers ini mengalahkan 140 truk modifikasi dari karoseri asal 14 provinsi. Dewan juri sebelum menobatkan truk Avengers itu sebagai jawara, telah mengganjarnya dengan enam juara berbagai kategori.

Baca: Truk Iron Man dengan Interior Keren, Biaya Modifikasi Seharga Rumah

Truk yang karoserinya digarap Setia Budi asal Semarang dan air brush di bengkel Customized Art Semarang itu menyabet perolehan medali terbanyak meliputi juara 1 The Best Truck Lighting, Juara 1 The Best Truck Exterior, Juara 1 The Best Truck Interior, Juara III The Best Truck Extreme Modification, dan Juara II The Best Truck Social Media Favorite.

"Saya bersyukur sekali usaha untuk membangun modifikasi truck ini sejak awal tahun 2017 membuahkan hasil," ujar Danu usai menerima penghargaan.

Danu berencana akan menambah truk satu lagi untuk dimodifikasi jika ada kontes modifikasi truck selanjutnya. "Saya mengenal dunia truk sejak 2007, tapi baru menekuni modifikasi sejak tahun 2015," ujarnya.

Area kemudi Truk Iron Man. TEMPO/Pribadi Wicaksono

Sekilas mengenai truk Avengers milik Danu ini muka truk itu terinspirasi truk mewah Scania, dengan bagian tengah dihiasi wajah si manusia besi Iron Man. Sedangkan bodi bak seluruhnya digempur air brush bergambar para super hero Avengers lain seperti Hulk dan Thor.

Pada bagian interior truk milik pengusaha logistic asal Kendal Jawa Tengah itu juga dipermak habis. Misalnya pada bagian atap truk itu sudah terpasang sun roof, dan hampir seluruh dashboard hingga bangku diselimuti bahan kulit sintetis dengan corak warna merah emas seperti warna dominan superhero Iron Man.

Baca: Kisah Sopir Truk Wanita Dikejar Rampok hingga Dibenci Istri Teman

Perangkat audio video canggih pun sudah terpasang mendampingi interior depan truk. Sementara dua muffler tinggi di samping pintu layaknya scania juga menambah garang truk itu.  

Sedangkan bagian ekor truk juga sudah kehilangan wujud aslinya berganti dengan kesan sporty dengan adanya dua buah lampu yang mencomot dari lampu belakang Toyota Fortuner.

Bagian paling ekstrem dan mahal yang ia permak tak lain mengganti seluruh suspensi truk itu menjadi sistem suspensi udara layaknya milik bus sehingga lebih empuk saat dikemudikan. Bukan lagi dengan pir.

Baca: Ibu Muda Ini Setiap Hari Menerabas Hutan Sumatera Pakai Truk

Sedangkan untuk pengecatan atau airbrush, Dayu menyerahkan penuh pada bengkel Customize Art di Semarang yang juga menggarap air brush untuk Lamborgini milik artis Raffi Ahmad.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi