Skenario Marc Marquez Mengunci Gelar Juara Dunia di MotoGP Jepang
Reporter: Nurdin Saleh
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 11 Oktober 2018 13:28 WIB

GOOTO.COM, Jakarta

Pembalap Honda Marc Marquez kian mendekati gelar juara MotoGP 2018. Ia bisa memastikan diri merebut gelar kelima dalam lomba di Jepang, di Sirkuit Motegi, pada 21 Oktober.

Marquez kini mengumpulkan 271 poin atau unggul 77 angka dari Andre Dovizioso (Ducati). Dalam empat lomba tersisa, total ada 100 poin maksimal yang diperebutkan. Artinya bila ia mampu menjaga selisih poinnya tetap di angka 75, Marquez akan bisa juara di Jepang.

Seperti apa skenario juara untuk Marquez di MotoGp Jepang? Inilah kemungkinannya:

- Marquez juara, Dovizioso runner-up: Nilai Marquez akan menjadi 296, sedangkan Dovizioso akan meraih 214 poin. Artinya akan ada beda poin 81 di antaranya keduanya, sehingga dengan tiga lomba tersisa Marquez pun sudah pasti akan juara.

- Dovizioso juara, Marquez runner-up: Nilai Marquez akan menjadi 291, sedangkan Dovizioso akan meraih 219 poin. Keduanya akan terpaut 72 poin. Marquez belum bisa juara karena nilainya masih bisa dikejar Dovi bila bisa terus menang di tiga laga terakhir.

- Dovizioso runner-up, Marquez ketiga: Nilai Marquez akan menjadi 287, sedangkan Dovizioso akan meraih 214 poin. Keduanya akan terpaut 73 poin. Marquez belum bisa juara.

- Marquez runner-up, Dovizioso ketiga. Nilai Marquez akan menjadi 291, sedangkan Dovizioso akan meraih 210 poin. Keduanya akan terpaut 81 poin. Marquez akan menjadi juara.

Artinya secara garis besar, Marquez akan bisa menjadi juara di Jepang bila ia bisa finis lebih baik dari Dovizioso. Bila keduanya gaga finis, Marquez belum bisa juara bila Valentino Rossi mampu merebut podium utama, karena selisih poin keduanya akan menjadi 74.

Berikut data persaingan menuju gelar juara MotoGP 2018:

Klasemen Pembalap1. Marc Marquez (Honda): 271 poin 2. Andre Dovizioso (Ducati): 194 poin3. Valentino Rossi (Yamaha): 172 poin.

Jadwal sisa MotoGP21 Oktober: MotoGP Jepang (Motegi)28 Oktober: MotoGP Australia (Philip Island)4 November: MotoGp Malaysia (Sepang)18 November: MotoGP Malaysia (Ricardo Tormo).

CRASH | MOTOGP


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi