Sunmori di Bandung, Jokowi Naik Motor Custom Kawasaki W175
Reporter: Vindry Florentin
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 11 November 2018 17:34 WIB
Presiden Jokowi bersama komunitas motor berkonvoi mengelilingi Kota Bandung, Ahad, 11 November 2018. Presiden berkonvoi bersama 195 komunitas dengan sepeda motor custom Kawasaki W175. ANTARA/Wahyu Putro A
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Bandung - Presiden Joko Widodo atau Jokowi melakukan sunmori (sunday morning ride) keliling kota Bandung dengan mengendarai sepeda motor custom bergaya bobber, Minggu, 11 November 2018. Jokowi melakukan sunmori (sunday morning ride) bersama 195 komunitas sekaligus untuk menghadiri deklarasi Jabar Kondusiif. 

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Motor custom yang dikendarai Jokowi sama seperti yang ia gunakan saat blusukan ke pasar tradisional di Tangerang beberapa waktu lalu. Motor custom berwarna hijau solid itu dibangun dari motor Kawasaki bergaya retro, Kawasaki W175. 

Baca: Katros Garage Ungkap Modifikasi pada Kawasaki W175 Jokowi

Di Jalan Braga, Jokowi melihat-lihat pameran kebudayaan. Dia kemudian berjalan menuju panggung deklarasi Jabar Kondusif. Ratusan komunitas di Bandung berjanji menjaga stabilitas dan keamanan di kota tersebut.

Presiden Jokowi (tengah) didampingi Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (kedua kiri) dan komunitas mengendarai sepeda motor mengelilingi Bandung, Ahad, 11 November 2018. Jokowi berkendara mengenakan setelan ala rider lengkap dengan jaketnya. ANTARA/Wahyu Putro A

Ketua penyelenggara festival Jabar Kondusif Budi Dalton mengatakan deklarasi ini ditandatangani sekitar 195 komunitas, termasuk perwakilan dari semua agama.

"Komunitas kreatif Jabar akan tetap mendorong dan menjaga suasana yang nyaman, aman di provinsi ini sehingga persatuan dan kesatuan bangsa tetap terjaga dan dengan demikian menciptakan ruang yang bebas bagi mereka dalam mengekspresikan diri dalam karyanya," kata Budi membacakan potongan deklarasi.

Baca: Lihat Motor Gibran Keren, Jokowi Ikut Modifikasi Motor

Presiden Jokowi melihat modifikasi motor gede saat deklarasi Jabar Kondusif di Braga, Bandung, Ahad, 11 November 2018. Presiden Jokowi datang menaiki sepeda motor besar dan melihat pameran produk kreatif dari 100 lebih komunitas anak muda yang ada di Bandung. TEMPO/Prima Mulia

Jokowi mengapresiasi tindakan komunitas Bandung. Menurut dia langkah ini penting untuk menjaga keadaan yang rukun di tengah keberagaman Indonesia. "Kalau diliat seperti ini, Bandung, Provinsi Jawa Barat akan menjadi pelopor bagi ketenangan dan kondusifitas negara yang kita cintai yaitu Indonesia, " ujarnya.

Kawasaki W175 menggunakan mesin berkapasitas 177 cc, satu silinder dengan engine balancer, menghasilkan tenaga 13 PS pada 7.500 rpm dan torsi 13,2 Nm pada 6.000 rpm. Kawasaki W175 menggunakan karburator Mikuni VM24. Dalam penggunaannya di torsi rendah dan sedang, menjadikan tunggangan ini lebih hemat bahan bakar dan rendah emisi.

Presiden Joko Widodo alias Jokowi bersama komunitas motor menyapa warga ketika mengendarai sepeda motor mengelilingi Kota Bandung, Ahad, 11 November 2018. Kegiatan tersebut merupakan rangkaian Deklarasi Jabar Kondusif. ANTARA/Wahyu Putro AMotor custom Kawasaki W175 milik Presiden Jokowi menganut gaya Bobber Chopper. "Motor ini dari depan hingga ke belakang full custom sampai rangka pun kita custom, memang secara konsep ini pilihan presiden hanya saja mesin tidak ada yang berubah," kata Andi 'Atenx' Akbar Builder sekaligus Founders Katros Garage, Senin, 5 November 2018.

Menurut Atenx, Jokowi lebih memilih motor dengan konsep rigid (tidak memakai shockbreaker belakang), dan diterjemahkannya lewat anaknya Gibran Rakabuming ke Katros Garage.

Baca: Melihat Lebih Dekat Kawasaki W175 Street Tracker Milik Jokowi

Berikut ini spesifikasi atau ubahan yang dilakukan Katros Garage:

Spesifikasi motor Kawasaki W175 milik Jokowi

Velg Depan : Aluminium 3.00-16

Velg Belakang : Aluminium 3.50-16

Fork Depan : Upside Down Yamaha Xabre

Ban Depan Belakang : Shinko E270 5.00-16

Lampu Depan : Daymaker 5.75 inch

Lampu Sein : Aftermarket

Lampu Stop : Aftermarket

Stang : Custom Dragbar

Spion : Aftermarket

Tangki : Custom Handmade by Katros Garage dengan plat galvanis tebal 1,2mm

Spakbor depan belakang : Custom Handmade by Katros Garage dengan plat galvanis tebal 1,2mm

Cover Body samping : Custom Handmade by Katros Garage dengan plat galvanis tebal 1,2mm

Jok : Kulit Jok Sintetis warna hitamSilincer Full System bahan Stainless.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi