First Ride Motor Listrik Aglis: Mudah Nikung Tanpa Limbung
Reporter: Ahmad Rafiq (Kontributor)
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 4 Desember 2018 16:17 WIB
Motor Listrik Aglis karya PT Prosan Alam Hijau bersama Solo Teknopark. 3 Desember 2018. TEMPO/Ahmad Rafiq
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Solo - Motor listrik bernama Aglis yang dirakit oleh PT Prosan Alam Hijau bersama Solo Technopark memang cukup menarik. Bentuknya mirip dengan bajaj beroda tiga, tentu saja dengan desain yang jauh lebih modern dan futuristik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Aglis dilengkapi dengan dua pintu di sebelah kanan dan kiri. Meski bentuknya kecil, motor listrik ini tidak bergoyang saat Tempo mencoba memasuki kendaraan beroda tiga itu.

Panel speedometer digital langsung menyala saat tombol power dihidupkan. Selain menunjukkan kecepatan, panel tersebut juga menunjukkan kapasitas baterai serta indikator bukaan tuas gas.

Di dashboard sebelah kiri terdapat tombol untuk pengaturan gigi netral, maju dan mundur. Meski tombol maju telah ditekan, kendaraan itu tetap senyap tanpa suara. Barulah saat gas diputar terdapat suara mendengung pelan dari putaran dinamo motor.

Baca: Motor Listrik Aglis Punya Fitur Mirip Mobil, Apa Saja?

Tempo mencoba Aglis di jalanan kompleks Solo Technopark. Bodi sepeda listrik itu dirakit dengan cukup kuat dan presisi, tidak muncul suara goncangan meski melaju di jalan yang terbuat dari paving block.

Peredam kejut spiral yang disematkan di setiap roda juga mampu mengatasi bantingan saat membelok. Pada awalnya, bodi Aglis yang cukup tinggi membuatnya seolah mudah terguling saat melintasi belokan tajam. Namun, perasaan itu segera hilang saat Tempo beberapa mengujinya dengan manuver tajam.

Tempo juga sempat mencoba menggunakan mode menanjak dengan menarik tuas yang berada di sebelah kanan kursi pengemudi. Mode itu membuat Aglis cukup kuat melibas jalan menanjak. Bahkan, kendaraan listrik itu mampu berhenti dan berjalan lagi di tengah tanjakan tanpa ancang-ancang.

Kemewahan kendaraan ramah lingkungan itu terasa saat hendak parkir. Kendaraan itu dilengkapi dengan kamera mundur yang terhubung dengan layar monitor yang ada di dahsboard. Suara alarm berbunyi cukup nyaring saat tombol mundur diaktifkan sehingga membuat orang yang berada di belakang mobil segera memberikan jalan.

Baca: Aglis, Motor Listrik Roda Tiga dari Solo Seharga Rp 45 Juta

Mungkin terlalu berlebihan jika membandingkan kenyamanan kendaraan itu dengan mobil. "Tapi paling tidak penumpang kendaraan ini tidak kehujanan atau kepanasan," kata kata juru bicara PT Prosan Alam Hijau, Aldrian, Senin 3 Desember 2018.

Kendaraan itu menggunakan baterai berkapasitas 45 ampere dan tegangan 60 volt. Catu daya itu mampu menggerakkan motor listrik berdaya 1.000 watt. Baterai membutuhkan waktu charge hingga delapan jam untuk bisa penuh. "Mampu digunakan untuk melaju sejauh 60-80 kilometer," katanya.

Dengan spesifikasi itu, Aglis cukup memadai untuk digunakan oleh pekerja kantoran hingga ibu rumah tangga, pengelola hotel maupun tempat wisata. "Bisa juga untuk pengganti mobil golf yang harganya bisa lebih dari Rp 100 juta," katanya.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi