Inilah Penyebab Velg Mobil Gampang Rusak
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Senin, 4 Februari 2019 06:51 WIB
Bentuk velg, ban, dan rem pada Porsche 911 Speedster Concept. Fitur pada Porsche 911 Speedster memberikan mobil sport mempelajari profil yang lebih rata dengan fly line yang sangat rendah, yang mengingatkan pada pendahulunya seperti Porsche 356 1500 Speedster. topgear.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, JakartaVelg mobil menjadi komponen penting karena kerusakan pada velg tentu bisa mengganggu kendali mobil yang bisa berkaitan dengan nyawa pengemudi. Berbagai model velg dan kualitas mulai dari yang asal keren hingga telah melalui uji yang ketat dijajakan di bengkel atau toko aksesoris. Sehingga, pemilik mobil harus bisa memilih yang terbaik.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Ada Kekuatan Velg Alloy dan Velg Kaleng, Mana yang Handal?

Walaupun nampak kokoh, tapi velg juga bisa mengalami retak atau bengkok. Selain dari kualitas velg, ada hal-hal yang harus dicermati agar velg yang dipakai tidak cepat rusak. Seperti dikutip dari laman honda-indonesia.com, menyebut ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu:

1. Sering Melewati Jalan BerlubangSebisa mungkin, gunakan jalur yang tidak berlubang untuk dilalui kendaraan atau minimal pelankan laju kendaraan saat melewati jalan rusak agar velg tidak bengkok, atau pecah di bagian pinggirnya. Pengemudi juga harus lebih waspada apabila menggunakan ban dengan bentuk tipis, karena hal ini membuat hentakan antara jalan dengan ban lebih terasa yang kemudian akan mempengaruhi velg.

2. Tekanan Angin pada Ban Tidak SesuaiTekanan angin pada ban mobil telah memiliki standar ukuran yang biasanya dapat dilihat di buku manual atau di sekitar pintu mobil. Apabila tekanan angin tidak sesuai, maka velg akan mudah penyok di bagian bibir velg.

Baca: Begini Cara Merawat Velg yang Sudah Dicat Ulang

3. Ukuran Ban Tidak Sesuai dengan VelgUkuran ban yang tidak sesuai dapat membuat ban cepat rusak yang pada akhirnya akan mempengaruhi velg. Setiap velg memiliki ukuran standar minimal dan maksimal untuk penggunaan ban, sehingga perhatikan baik-baik ban yang akan dibeli dan pastikan ukuran ban tersebut sudah sesuai dengan ketentuan untuk mencegah velg rusak.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi