Bahaya Lampu Kabut Dihidupkan saat Malam Cerah
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Senin, 18 Februari 2019 09:00 WIB
Kesibukan lalu lintas di London pada pagi hari. Kabut tebal menyebabkan lampu-lampu kendaraan dan kota dinyalakan, suasana tampak seperti pada malam hari. dailymail.co.uk
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pada model mobil terkini telah dilengkapi fog lamp atau dikenal sebagai lampu kabut. Perangkat ini bukan aksesoris tetapi bawaan mobil dari pabrik. Fitur ini dipasang bertujuan supaya pengemudi mobil bisa dengan jelas melihat jalanan dalam kondisi berkabut atau hujan yang sangat deras dan tidak perlu dinyalakan pada malam hari di cuaca yang cerah, tanpa hujan dan kabut.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Begini Kiat Menghadapi Banjir saat Mengendarai Mobil

Seperti dikutip dari laman suzuki.co.id menyebutkan ada dua jenis fog lamp pada mobil, yaitu: front fog lamp atau lampu kabut depan dan lampu kabut belakang. Pada bagian depan, fog lamp biasanya terpasang di bumper depan bagian bawah sisi kiri dan kanan. Adapun pada bagian belakang dipasang di bumper mobil bagian belakang, bagian basah sisi kiri dan kanan.

Penggunaan fog lamp disarankan tidak digunakan pada malam yang cerah. Alasannya, sorotan fog lamp cenderung melebar ketimbang pendaran cahaya lampu utama yang lebih jauh ke arah depan, sehingga cahaya yang dihasilkan memang akan menjadi lebih terang tapi jarak pencahayaannya tidak akan jauh.

Baca: Ingin Cicilan di Adira Finance Lunas, Simak Caranya

Jika dipakai pada cuaca cerah di malam hari, paparan fog lamp, baik fog lamp yang di depan maupun belakang, bisa membuat pengemudi akan terganggu pandangannya karena silau. Perilaku ini sudah pasti berisiko membahayakan pengendara lain maupun diri sendiri. Terlebih jika fog lamp penempatannya tidak presisi, sehingga menyebabkan paparan lampu menjadi sangat tajam.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi