5 Kiat Membuat Mainan Diecast Hot Wheels Tambah Keren
Reporter: Antara
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 19 Februari 2019 08:53 WIB
Perajin menunjukkan mobil mainan yang dimodifikasi bergambar pasangan calon presiden di Desa Singocandi, Kudus, Jawa Tengah, Jumat, 5 Oktober 2018. Mobil mainan jenis Hot Wheels yang diubah warna cat serta diberi gambar pasangan calon presiden Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi tersebut dijual dengan harga Rp 250 ribu per buah serta dipasarkan melalui media sosial. ANTARA FOTO/Yusuf Nugroho
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Modifikasi ternyata tidak hanya menyasar kendaraan namun juga mainan diecast seperti Hot Wheels. Ijal, anggota komunitas KASKUS Hot Wheels Lovers, di acara SORE HORE Vol III: Toys & Games berbagi cerita dan tips terkait modifikasi Hot Wheels bagi para kolektor untuk menambah keunikan dari Hot Wheels koleksi mereka.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Begini Cara ACC Permudah Kaum Milenial Miliki Mobil

Ijal mengatakan pada Senin 19 Februari 2019, bahwa keunikan dan nilai Hot Wheels dipengaruhi oleh tiga hal, yaitu jenis Hot Wheels yang dimiliki (Hot Wheels replika mobil betulan seperti Morris, Ferrari, Toyota, memiliki nilai lebih tinggi dibanding lainnya), siapa orang yang memodifikasi Hot Wheels tersebut dan Mobil Event (Hot Wheels yang sudah dimodifikasi sedemikian rupa untuk merepresentasikan event.

Semakin terkenal eventnya, semakin tinggi harga jualnya. Misalnya, Mobil Event Indonesia Diecast Ex mencatat rekor lelang Hot Wheels senilai 33 juta rupiah. Apa saja sih yang bisa dilakukan untuk mulai modifikasi Hot Wheels.

1. Penggantian ban. Ban bawaan dari setiap Hot Wheels umumnya berbahan dasar plastik. Tahap awal modifikasi bisa dimulai dengan mengganti ban tersebut dengan ban karet yang bisa dibeli terpisah di e-commerce atau toko online lainnya.

2. Mengecat ulang. Tahap selanjutnya, cat ulang Hot Wheels yang dimiliki. Anda bisa menggunakan cat semprot dan memilih gaya yang diinginkan, misal satu warna, dua warna, atau warna gradasi.

3. Tambahkan Decal Hot Wheels. Decal memainkan part penting untuk membuat Hot Wheels menjadi lebih menarik.

Ada tiga macam decal yang biasanya digunakan untuk memodifikasi Hot Wheels yaitu Clear Decal, khusus untuk Hot Wheels dengan warna dasar putih sehingga warna akan lebih keluar.

Baca: Helm Anda Bau Apek, Begini Cara Mengatasinya

Ada pula White Decal yang bisa digunakan untuk seluruh warna Hot Wheels, namun harus detail saat memotong decal. Juga ada White Toner, decal favorit para customizer, dasarnya adalah clear decal dengan yang menggunakan tinta putih.

4. Detil kecil penting. Menambahkan detil kecil di lampu atau list jendela bisa memberikan sentuhan berbeda. Detil ini bisa ditambahkan dengan cat yang biasa digunakan untuk Tamiya ataupun spidol marker.

5. Custom Potongan. Ini biasanya hanya bisa dilakukan oleh Customizer kemampuannya mumpuni. Sebab, mereka bisa membuat pintu, jendela ataupun kap mesin Hot Wheels terbuka, bahkan ada yang bisa membuat instalasi untuk menyalakan lampu dari Hot Wheels yang dimiliki.

ANTARA

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi