Asik, Sepeda Listrik Migo e-Bike Bisa Ngebut hingga 45 Km/Jam
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 25 Februari 2019 20:42 WIB
Penduduk mengendarai Migo e-Bike saat Car Free Day di Bundaran HI, Jakarta, Ahad, 30 Desember 2018. Untuk bisa menggunakan sepeda listrik yang ramah lingkungan itu, pengendara dapat menyewa melalui aplikasinya dan mendapatkan sepedanya melalui stasiun Migo terdekat. TEMPO/Muhammad Hidayat
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Sepeda listrik Migo e-Bike belakangan ini sering terlihat berseliweran di jalan. Tempo mencoba menyewa Migo e-Bike untuk mengetahui bagaimana sensasi mengendarai sepeda listrik ini dengan menyewa di salah satu Migo station Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Senin, 25 Februari 2019.

Saat mengendarai sepeda listrik ini, dari segi kenyamanan cukup baik karena jok dan suspensi cukup empuk. Namun pengendara dengan tinggi badan 170 sentimeter kaki agak menekuk, karena jarak jok dengan pijakan kaki terbilang rendah, tapi tidak masalah untuk perjalanan dekat.

Torsinya lumayan galak di putaran bawah, top speed atau kecepatan puncak yang bisa digeber bisa mencapai 45 kilometer per jam. Karena berpenggerak motor listrik, jadi sepeda ini sangat senyap alias tidak memiliki suara.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca: Begini Cara Sewa Sepeda Listrik Dengan Aplikasi Migo e-Bike

Fitur-fiturnya sudah cukup lengkap seperti kendaraan roda dua pada umumnya, mulai lampu depan, sein, klakson. Tampilan speedometer menunjukkan kecepatan dan indikator baterai yang sudah digital. Selain itu mengisi daya smartphone sangat praktis karena sudah tersedia socket USB. 

Bagian pengereman sudah sangat aman karena dilengkapi cakram, jadi tidak perlu khawatir rem tidak pakem. Untuk menghentikan sepeda listrik ini tidak ada kesulitan.

Sepeda listrik Migo e-Bike. 25 Februari 2019. TEMPO/Wisnu Andebar

Untuk menyewa Migo e-Bike, pertama pengguna harus mengunduh aplikasi Migo e-Bike melalui Google Play atau App Store. Kemudian masuk dalam aplikasi dengan memasukkan nomor handphone yang aktif karena akan dikirimkan kode verifikasi melalui sms dan untuk login.

Setelah masuk dalam aplikasi, akan ada tahap registrasi dengan mengunggah foto KTP dan selfie dengan KTP. Lalu, pengguna harus memasukkan data pribadi sesuai dengan KTP. "Jika berhasil, pengguna mendapatkan saldo sebesar Rp 20 ribu yang dapat dilihat pada bagian dompet aplikasi," ujar Rama, petugas Migo Station Duren Tiga, Jakarta Selatan kepada Tempo pada Senin, 25 Februari 2019.

Baca: Sepeda Listrik Migo e-Bike Dirilis di Jakarta, Ini Kelebihannya

Setelah itu, pengguna tinggal mencari stastion Migo e-Bike terdekat, maps akan menunjukkan station terdekat. Jika ingin menyewa, klik pinjam dan akan muncul nomor e-Bike dan bisa langsung scan QR Code dibagian belakang Migo e-bike, maka otomatis akan menyala serta bisa digunakan.

Jika ingin mampir ke suatu tempat, ada mode parkir sementara, di aplikasi terdapat simbol kunci untuk mengunci melalui scan. Tujuannya untuk menghindari adanya kehilangan, secara otomatis sistem motor dan mesin mati.

Kalau ingin melanjutkan, tinggal scan kembali dengan mengetuk buka kunci, maka otomatis bisa kembali dikendarai untuk melanjutkan perjalanan.

Pengembaliannya, pengguna hanya mencari stastion Migo e-Bike terdekat. Tekan tombol return atau pengembalian di station maka petugas akan membantu pengembalian serta akan keluar tarif perjalanannya.

Pembayaran bisa bayar tunai atau saldo Migo e-Bike yang bisa di top up. Tarifnya Rp 3 ribu per 30 menit, kalau lewat dari 30 menit, misalnya 45 menit akan dihitung 60 menit dengan tarif Rp 6 ribu.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi