Film Dilan Populerkan Honda CB100 Jadul, Simak Biaya Restorasinya
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 4 Maret 2019 05:53 WIB
Bengkel spesialis Honda CB 100 yang bertempat di kawasan Lebak Bulus, Eka Jaya Motor. TEMPO/ Wisnu Andebar
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Eko Jaya Motor atau EJM merupakan bengkel spesialis yang menangani berbagai motor tua keluaran Jepang. Namun bengkel ini lebih dikenal sebagai spesialis menagani masalah Honda CB100 lawas. Sepeda motor ini kembali populer setelah digunakan dalam film Dilan. 

Pemilik EJM, Eko Trileksono mengatakan, awalnya bengkel umum, cuma banyak mengerjakan motor tua Jepang kecil juga. "Jadinya sekarang bengkel umum iya, bengkel spesialis motor tua juga iya," ujarnya kepada Tempo di bengkel EJM tepatnya di Jalan Karang Tengah Raya No 67, Lebak Bulus, Jakarta Selatan.

Kalau motor umum, lanjut dia, mengerjakan berbagai servis mulai ringan hingga besar. Sedangkan motor tua, seperti perawatan, restorasi, atau membangun motor kustom. "Mayoritas yang datang masih Honda CB100 lawas, tapi ada juga merek lain seperti Yamaha. Kalau yang paling tua itu dari tahun 1960-90an," katanya.

Menurut Eko, antara restorasi atau membangun kustom itu harganya hampir sama, tapi tetap melihat kondisi motornya dahulu. "Karena terkadang masing-masing pemilik request-nya lain-lain. Makanya harga final pasti beda, dan ini bicara motor sudah rapi alias tinggal pakai. Sekitar Rp 12-28 juta," ujar dia.

Simak: Ini Biaya Modifikasi di Bengkel Tempat Gibran Bikin Cafe Racer

Sedangkan untuk servis motor lawas Honda CB100 ini kata dia hampir sama seperti motor baru. Dibanderol Rp 50 ribu meliputi servis karburator, cek kelistrikan, stel rem, dan lainnya.

Soal ketersediaan part di bengkel EJM, sebagian tersedia di sini, suplai barang didapat dari Jakarta hingga luar daerah.

Baca: Lapak Motor Kustom di Depok Ini Diserbu Pelanggan Luar Pulau Jawa

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi