Pameran Busworld: Ada Penyerahan Ekspor 1.000 Bus ke Asia Selatan
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Eko Ari Wibowo
Minggu, 17 Maret 2019 14:29 WIB
Bus listrik Mobil Anak Bangsa (MAB) untuk pertama kalinya hadir dalam Pameran otomotif khusus kendaraan komersial Gaikindo Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 di Jakarta, 1 Maret 2018. GIICOMVEC 2018 di iikuti 14 agen pemergang merk kendaraan komersial yang berpameran. Tempo/Tony Hartawan
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pameran bus terbesar di Asia Tenggara yaitu Busworld South East Asia akan diselenggarakan Rabu mendatang tepatnya 20-22 Maret 2019 di JIExpo Kemayoran, Jakarta.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Dalam menyelenggarakan pameran ini, PT Global Expo Management (GEM) bekerjasama dengan Busworld International. Nantinya akan ada penyerahan tahap pertama dari 1.000 unit bus yang diproyeksikan untuk ekspor ke kawasan Asia Selatan.

Baca: Mengenang Kejayaan Bus Tempo Dulu di Pameran Bus Klasik

Direktur PT GEM, Baki Lee mengatakan, ada penyerahan bus yang akan di ekspor ke kawasan Asia Selatan oleh Kementerian Luar Negeri. “Busworld South East Asia akan dihadiri 100 perusahaan dari 15 negara meliputi bus, coach, karoseri dan komponen, dengan target 35 ribu pengunjung dari 30 negara,” ujarnya kepada Tempo pada Minggu, 17 Maret 2019.

Pameran ini bertujuan untuk mendukung perusahaan karoseri dan produsen bus baik dalam negeri dan dunia, khususnya di kawasan Asia Tenggara, juga akan dibahas agar industri bus semakin atraktif, efisien, dan terjangkau.

Busworld merupakan pameran B2B terbesar di bidang bus dan industri karoseri yang akan menampilkan berbagai macam bus, coach bus, minibus, termasuk spare part, komponen, dan juga pelayanan.

Tidak hanya menampilkan inovasi dan teknologi terbaru dari industri bus, pameran ini juga akan memberikan edukasi terkini mengenai pengembangan bus baik dari dalam maupun luar negeri, juga regulasi dan teknologi akan dibahas dalam Busworld Academy.

Baca Juga: Ferrari Pamerkan 10 Mobil Klasik di Jakarta

Busworld Academy akan menghadirkan pakar dari industri transportasi. Jadi Busworld South East Asia akan diselenggarakan bersamaan dengan Busworld Academy, dan diharapkan bisa membantu Indonesia dalam menghadapi era industri 4.0.

Selama pameran ini, Busworld Academy yang merupakan platform pengetahuan Busworld akan mengorganisir seminar untuk menghubungkan industri lokal dengan jaringan pakar spesialis internasional Busworld.

Busworld Academy mengusung tema Making Bus Transport Systems Attractive, Efficient and Affordable in South East Asia. Diharapkan masyarakat akan senang dan beralih moda transportasi dari kendaraan pribadi ke kendaraan umum.

Pameran Busworld pertama diadakan 47 tahun lalu di kota Kortrijk, Belgia pada tahun 1971. Pameran Busworld South East Asia merupakan pameran ketujuh pada agenda Busworld terkini setelah Turki, India, Rusia, Cina, Central Asia, dan Amerika Latin.

Simak Pula: Yuk Intip Mobil-mobil Klasik di Pameran Otomotif Jenewa

Busworld International adalah pameran bus terbesar di dunia dengan jaringan pameran di Eropa, Asia dan Amerika Latin. Pameran Busworld, yang diadakan setiap tahun genap di Belgia, menjadi Barometer perkembangan teknologi bus di Eropa dan menjadi kiblat industri bus dunia.

Hadir di Jakarta karena Busworld menilai selain Cina dan India, Indonesia menjadi salah satu negara di Asia yang memiliki potensi pertumbuhan industri bus di samping kawasan Asia Tenggara.

Menjadi salah satu wilayah yang diprediksi memiliki potensi pertumbuhan ekonomi yang baik di masa depan. Busworld South East Asia bisa menjadi ajang promosi produk industri bus di Indonesia sebagai salah satu cara untuk meningkatkan ekspor.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi