Toyota Starlet Bisa Tampil Lebih Muda dengan Modif, Ini Biayanya
Reporter: Pribadi Wicaksono (Kontributor)
Editor: Eko Ari Wibowo
Selasa, 19 Maret 2019 16:35 WIB
Kepala Mekanik Bengkel Saman Speed Yogya Sugianto alias Kubil dengan Toyota Starlet 1989 miliknya. Tempo/Pribadi Wicaksono
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Toyota Starlet bisa tampil ciamik dengan modifikasi dalam berbagai model pilihan. “Biasanya Starlet standar dimodifikasi dalam tiga pilihan, mau pilih sprint rally, drag race atau contest car,” ujar pegiat Indonesian Starlet Community (ISC) Yogyakarta Sugianto alias Kubil kepada Tempo Jumat 15 Maret 2019.

Baca: Mobil Klasik Datsun 280ZX 1983 Ini Ditawarkan Hanya Rp 200 Jutaan

Kepala Mekanik Bengkel Saman Speed Yogya itu menuturkan, pilihan modifikasi itu memiliki tentu biaya berbeda-beda. Hanya satu yang tak bisa diukur pengeluarannya yakni untuk model modifikasi contest car atau jika dipakai untuk kontes. Karena pemilik bisa menghabiskan lebih besar biaya asalkan mobil tampak ‘wah’ khususnya sisi penampilan.  

 

Kepala Mekanik Bengkel Saman Speed Yogya Sugianto alias Kubil dengan Toyota Starlet 1989 miliknya. Tempo/Pribadi Wicaksono

Untuk pilihan modifikasi Starlet berupa sprint rally, komponen yang layak untuk diganti mulai mesin, kaki-kaki, dan shock. Kisaran untuk modifikasi sprint rally ini menurut Kubil berkisar Rp 50 jutaan.

Sedangkan untuk modifikasi drag race bagian utama yang perlu diganti hanyalah mesin. Karena biasanya hanya dipakai untuk jalur pacuan lurus. Kisaran biayanya untuk modifikasi drag race ini sekitar Rp 30 jutaan.

Simak: Bikin Toyota Starlet Lebih Ceper, Ini Kalkulasi Biayanya

Sedangkan untuk modifikasi contest car hampir semua sisi disentuh. Mulai dari mesin sampai eksterior atau penampilannya agar tampak menarik. Biaya modifikasi untuk contest sendiri seringkali berlipat dari harga mobilnya sendiri yang masih dikisaran Rp 25-50 jutaan.

“Kalau modifikasi jenis contest enggak ada ujungnya, ada spare part baru bisa dipasang, jadi lebih mengikuti model,” ujarnya.

Bengkel Saman Speed sendiri turut melayani jika ada permintaan modifikasi pilihan pengguna Toyota Starlet. Hanya saja untuk lama proses pengerjaannya tergantung jenis modifikasi yang dipilih.

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi