Test Drive Honda Brio Jakarta-Bogor, Simak Konsumsi BBM-nya
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Kamis, 21 Maret 2019 11:10 WIB

GOOTO.COM, JakartaTempo berkesempatan menjajal keiritan All New Honda Brio Satya bertransmisi otomatis dalam sesi test drive dengan rute Jakarta - Bogor - Sirkuit Sentul dengan jarak 70,3 kilometer, Rabu, 20 Maret 2019. Satu mobil diisi tiga orang.

Rute dari Sunter (Kantor Pusat PT Honda Prospect Motor), menuju tol Jagorawi hingga Sentul terbilang lancar. Sedikit macet saat memasuki tol di kawasan Pulomas menuju Cawang, beriringan dengan truk-truk besar.

Baca: Honda Brio Diekspor ke Filipina dan Vietnam 26 Maret 2019

Selepas itu, lancar jaya. Meski menguji seberapa hemat konsumsi bahan bakar melalui indikator di MID, bukan berarti mobil berjalan lambat. Kecepatan rata-rata mobil adalah 60-80 kilometer per jam.

Ya, mobil tidak boleh berjalan di bawah 60 kilometer per jam saat melintas di jalan tol. Rpm dijaga pada putaran 1.000-1.500 rpm. Dalam pengujian ini, Tempo tidak mengatifkan fitur penyejuk udara (AC). Sebagian peserta ada yang mengaktifkan AC. 

Bagaimana hasilnya? All New Honda Brio Satya teririt adalah 30,1 kilometer per liter, kedua adalah 29,9 kilometer per liter, dan ketiga 29,6 kilometer per liter. Tempo mampu mencapai 27,2 kilometer per liter. Angka tersebut berdasarkan indikator pada layar MID. 

Baca: Honda Brio Laris Manis di 2 Bulan Pertama 2019, Jadi Tumpuan HPMKeiritan konsumsi bahan bakar pada All New Honda Brio ini memang telah diklaim Honda sejak pertama kali diluncurkan pada pameran Gaikindo Indonesia International Auto Show 2018. Pada sesi test drive di Bali, akhir 2018, Chief Engineer Assistant Large Project Leader Honda R&D Asia Pacific Co., Ltd., Yasuhiro Kumai, mengklaim mesin All New Honda Brio lebih baik dibanding dengan model sebelumnya meski secara teknis sama.

Masih mengandalkan mesin 1200 cc dengan output  90 PS pada 6000 rpm dan torsi sebesar 110 Nm pada 4800 rpm. Lalu apa bedanya dengan model sebelumnya? Torsi naik 1 Nm.

"Kami terus melakukan pengembangan. Performa dan keiritan bahan bakat terus ditingkatkan," kata Kumai dalam sesi test drive All New Honda Brio Oktober tahun lalu di Bali.

Ucapan Kumai tersebut dibuktikan sejumlah jurnalis dalam sesi uji coba All New Honda Brio Satya dengan rute Jakarta-Bogor-Sirkuit Sentul sejauh 30,1 kilometer per liter.


 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi