Hilang 25 Tahun, BMW M1 Langka Ini Dilelang
Reporter: Gooto.com
Editor: Wawan Priyanto
Minggu, 14 April 2019 14:04 WIB
BMW M1 1979. (Motor1)

GOOTO.COM, JakartaBMW M1 sudah merupakan mobil langka, tetapi M1 khusus ini adalah sesuatu yang agak istimewa. Dibangun dan dikirim sebagai supercar bermesin menengah 'standar' pada tahun 1979, dua tahun kemudian pembalap Harald Ertl mengubah versi standar dengan tambahan turbocharger twin KKK seukuran 3,5 liter pada mesin enam silinder. Ubahan ini menaikkan output mesin dari 273 tenaga kuda menjadi 410 tenaga kuda. 

Mobil itu dikembangkan bersama dengan BP (British Petroleum) dalam upaya untuk mempromosikan produk Autogas-nya. Tujuannya adalah untuk memecahkan kecepatan 300 kilometer per jam. Angka itu dikatakan telah dicapai pada 17 Oktober 1981, namun, tidak ada catatan resmi untuk mendukung klaim tersebut.

Baca: Lelang Monaco: Mobil Balap F1 Ayrton Senna Laku 4,19 Juta Euro

Pemecah rekor yang tampak aneh ini telah 'hilang' selama hampir 25 tahun, tetapi sekarang ini muncul dalam balai lelang untuk pertama kalinya sejak tahun 1993. Mobil ini diperkirakan memiliki nilai jual minimal £ 250 ribu (US$327 ribu) di lelang Coys di Techno Classica di Essen, Jerman, pertengahan April ini. 

"Ini tidak diragukan lagi sepotong sejarah kendaraan bermotor dan mungkin salah satu BMW paling langka yang membawa lencana M1," kata Chris Routledge, direktur pelaksana di Coys.

"Ada minat yang sangat besar dari seluruh dunia dari orang-orang yang ingin memiliki sejarah pemecah rekor otomotif dan kecepatan." 

Baca: BMW X5 dan Fiat 500 Cabrio Ini Dilelang, Kondisi Mulus

"Ini adalah hasil dari pekerjaan detektif kami yang tak kenal lelah di dunia mobil klasik, menemukan mobil-mobil bersejarah, dari Ferrari 250 GT yang hilang sampai ke harta karun Cavalino yang berisi bagian-bagian yang termasuk suku cadang dan barang berharga. Marque Italia seperti Ferrari, Maserati dan Abarth, "tambahnya. "BMW adalah  penemuan berharga lain yang menakjubkan."

Dari foto yang beredar, BMW M1 itu dalam kondisi yang tidak terlalu mulus. Cat hitam mulai pudar dengan goresan di bagian bodi. Mobil itu juga tampak kusam. 

MOTOR1

#BMW M1
#Lelang Mobil

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi