Kendaraan Tempur Komodo Buatan Pindad, Jagoan Nanjak Torsi Besar
Reporter: Wisnu Andebar
Editor: Eko Ari Wibowo
Rabu, 22 Mei 2019 09:46 WIB
Kendaraan Tempo Komodo di PT Pindad Indonesia, Bandung, Senin, 20 Mei 2019. TEMPO/Wisnu Andebar.
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Kendaraan tempur Komodo adalah salah satu produk andalan PT Pindad Indonesia, Bandung. Gooto menjajal bermodel monster ini pada Senin, 20 Mei 2019. Komodo ini biasa digunakan sebagai mobil pengintai dan sangat cocok dipakai pada medan yang berat, juga menjadi kendaraan operasional yang andal bagi TNI dan POLRI.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Baca Juga: Bus Mewah dengan Kursi ala Kasur Bisa Tidur Nyenyak, Ini Tarifnya

Kesan pertama naik ke dalam kabin Komodo tipe APC 4x4 ini, layaknya naik truk besar, karena ground clearance yang tinggi yakni 40 cm di tambah posisi jok berada cukup tinggi. Jadi harus siap melangkahkan kaki lebih lebar.

Setelah duduk di bangku kemudi, kami mencoba melakukan adaptasi dengan menginjak pedal kopling, rem, dan gas. Pengoperasiannya sama seperti mobil penumpang bertransmisi manual. Hanya saja ketika hendak masuk gigi 1 perpindahannya begitu keras, begitu juga saat mengoper ke gigi 2 dan seterusnya.

Tapi, menurut kami, itu hanya soal adaptasi saja, buktinya petugas di PT Pindad Indonesia dengan mudah melakukan oper gigi.

Deretan Kendaraan Tempur Komodo di PT Pindad Indonesia, Bandung, 20 Mei 2019. TEMPO/Wisnu Andebar

Berhasil masuk gigi 1, lepas kopling perlahan sembari menginjak gas, torsinya sangat nendang, wajar saja, mobil ini menggunakan mesin diesel besutan Renault bertenaga 220 tenaga kuda.

Baca Juga: Naik Bus Ini untuk Mudik, Kenyamanan Setara Pesawat Terbang

Di bagian kemudi, stirnya terasa sangat ringan karena tentu sudah disematkan power steering. Kendaraan lapis baja ini merupakan sebuah kendaraan taktis dengan manuver yang baik.

Sesuai namanya, Komodo, kendaraan taktis berpenggerak 4x4 ini bisa ibarat hewan komodo yang perkasa, sehingga menjadi kendaraan perang yang berdaya tempur tinggi untuk menjaga NKRI. Ketika di tes pada medan uji coba berupa lumpur yang cukup dalam, dengan santai Komodo melahapnya.

Tak hanya jago di medan berlumpur, Komodo juga canggih nanjak, dengan sudut kemiringan 60 derajat, dan bobot Komodo yang mencapai 7,5 ton bukanlah halangan. Dimensi kendaraan ini memiliki panjang 5,4 m, lebar 2,3 m, tinggi 2,2 m.

Kapasitas tangkinya mampu menampung bahan bakar hingga 200 liter dengan daya jelajah 450 kilometer. Kendaraan tempur Komodo ini sanggup melaju hingga kecepatan puncak mencapai 100 kilometer per jam.

Baca Juga: Mobil Listrik Tesla Kembali Terbakar di Hong Kong

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi