FP1 MotoGP Assen: Fabio Quartararo Tercepat, Rossi di Belakang
Reporter: Nurdin Saleh
Editor: Wawan Priyanto
Sabtu, 29 Juni 2019 06:56 WIB
Pembalap MotoGP asal Prancis, Fabio Quartararo. (Mohd Rasfan/AFP)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Fabio Quartararo, pembalap Petronas Yamaha SRT, mencatatkan waktu tercepat pada sesi latihan pertama (FP1) MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Jumat, 28 Juni 2019.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Pembalap rookie asal Prancis itu mencatatkan waktu tercepat 1 menit 33,909 detik. Ia mengungguli pembalap Yamaha lainnya Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP), pada peringkat dua dengan selisih 0,077 detik, demikian laman resmi MotoGP.

Sementara Danilo Petrucci dari Ducati, walau sempat mengalami kecelakaan, menempati peringkat tiga.

Baca juga: MotoGP Spanyol, Fabio Quartararo Gagal Kuntit Marquez 

Vinales mencatatkan waktu tercepat terlebih dahulu ketika kondisi trek masih dingin. Namun, Quartararo perlahan memperbaiki catatan waktunya dalam kunjungan pertamanya ke Assen di atas mesin MotoGP.

Pembalap berusia 20 tahun itu kemudian mengalahkan catatan waktu Vinales untuk unggul pada sesi pagi.

Petrucci mengalami kecelakaan di Tikungan 14 ketika roda belakang motor GP19 tak terkendali sehingga menyebabkan pembalap asal Italia itu terpelanting dari motornya.

Petrucci tak mengalami cedera usai kecelakaan yang terjadi pada kecepatan 200km per jam itu dan bangkit untuk menyelesaikan sesi latihan pertama untuk finis 0,260 detik lebih lambat dari Quartararo.

Alex Rins (Suzuki Ecstar) mendapati hasil solid dengan finis keempat diikuti Takaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) di P5 sebagai pembalap Honda tercepat.

Baca juga: Fabio Quartararo Podium di MotoGP Catalunya, Begini Komentarnya

Pemuncak klasemen Marc Marquez berada pada P6, terpaut 0,613 detik dari pebalap tercepat. Sementara rekan satu timnya, Jorge Lorenzo mengalami kecelakaan parah di Tikungan 7 jelang berakhirnya sesi FP1 dan harus dibawa ke tim medis untuk pemeriksaan.

Sebelumnya di GP Catalunya, Lorenzo juga terjatuh sehingga menyebabkan tabrakan beruntun dengan tiga pembalap lainnya ketika balapan baru berlangsung dua putaran.

Aleix Espargaro (Aprilia Racing Team Gresini) juga terjatuh di Tikungan 5 namun pebalap asal Spanyol itu tak mengalami cedera setelah sebelumnya mendapati cedera kaki kiri di Barcelona.

Valentino Rossi (Monster Energy Yamaha MotoGP) dan Andrea Dovizioso (Mission Winnow Ducati) finis di luar peringkat 10 besar pagi itu dan harus puas di P12 dan P13 di belakang Andrea Ianonne (Factory Aprilia Gresini).

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi