Mobil Dinas Pemimpin Negara di Dunia, Jokowi Pakai Mercedes-Benz
Reporter: Wira Utama
Editor: Wawan Priyanto
Senin, 26 Agustus 2019 15:12 WIB
Mercedes-Benz Guard, S-Class, S 600 Pullman. Sumber: Antara
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Pemimpin negara umumnya menggunakan mobil dinas dengan desain khusus, terutama yang berkaitan dengan fitur keamanan dan kenyamanan. Mobil dibutuhkan untuk menunjang aktivitas harian mereka dalam menjalankan roda pemerintahan.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Ya, hampir dipastikan bahwa spek mobil dinas mereka berbeda dengan mobil yang lain. Sekalipun memiliki tipe dan merek yang sama dengan mobil yang dijual umum.

Berikut ini Tempo merangkum beberapa mobil dinas para petinggi negara ternama di dunia.

1. Aurus Senat (Presiden Rusia)Limusin Aurus Senat merupakan mobil produksi lokal (Rusia) yang dikembangkan oleh Central Scientific Research Automobile and Automotive Engines Institute (NAMI) di Moskow. Untuk harga, mobil dengan mesin V8 4,4 liter ini ditaksir Rp 2,28 miliar.

Mobil Presiden Putin Aurus Senat mirip desain Rolls-Royce. Sumber: carscoops.com

Aurus Senat sendiri tidak dibuat di atas banyak platform, melainkan hanya memakai basis tunggal yang bisa dikembangkan menjadi banyak model. Seperti, Sedan, limusin, minivan, hingga mobil sport. Mobil ini pertama kali digunakan dalam pelantikan Presiden Rusia, Vladimir Putin pada Mei 2018, sebelum mejeng di Moscow International Auto Saloon pada 29 Agustus 2018.

Mobil lapis baja ini kemudian pertama kali diperkenalkan ke publik luas pada bulan September 2018. Aurus Senat sendiri kabarnya akan diekspor ke beberapa negara di Eropa. Mulai dari kelas Sedan hingga limusin mewah kabarnya tengah dalam proses penyelesaian sertifikasi masuk ke benua biru.

2. Hongqi L5 (Cina)Hongqi L5 dikenal sebagai mobil super mewah nun mahal. Tak heran jika Hongqi L5 digunakan sebagai mobil dinas presiden Xi Jin Ping. Merek Hongqi sendiri sudah menjadi kendaraan dinas presiden China sejak tahun 1960-an.

Hongqi L5 (FAW.com)

Adapun harga mobil dengan bobot besar ini dibanderol sekitar Rp 11 miliar lebih. Ya, dengan harga selangit itu, Hongqi L5 memang diciptakan sebagai limusin mewah dengan perpaduan sempurna antara tradisi dan modernitas. Adapun ciri khas yang menonjol dari mobil ini adalah kehadiran batu giok di setiap gagang pintunya.

3. Cadillac One (Amerika Serikat)Amerika Serikat diketahui menggunakan limusin Cadillac One atau yang dikenal dengan julukan The Beast untuk mobil dinas kepresidenan. Limusin lapis baja ini diklaim memiliki tingkat keamanan dengan sistem ofensif dan defensif sesuai standar pasukan pengamanan presiden Amerika Serikat, Secret Service.

Mobil Kepresidenan milik Donald Trump yang dipakai pada akhir pekan lalu. Sumber: foxnews.com

Peralatan di dalam mobil ini konon sangat canggih. Cadillac One sendiri diketahui berbobot 8 ton dengan bodi dan kaca anti peluru. Mobil ini di atas kertas tahan dari serangan rokt dan senjata kimia.

Bahkan mobil ini memiliki sistem anti kebakaran yang juga tersemat pada mobil balap seperti formula one. Adapun harga mobil yang kerap ditunggangi Donald Trumph ini ditaksir mencapai 1,2 juta poundsterling atau setara Rp 23 miliar.

4. Jaguar XJ Sentinel (Inggris)Perdana Menteri Inggris diketahui menggunakan Jaguar XJ Sentinel sebagai kendaran dinas. Mobil ini memang sudah dilengkapi dengan lapisan anti-peluru. Bodi mobil pun terbuat dari kerangka baja kuat. Ya, cocoklah untuk perdana menteri baru Inggris, Boris Johson.

Jaguar XJ Sentinel (wikipedia)

Selain itu, Jaguar XJ Sentinel juga memiliki fitur pijat di dalam mobil. Adapun harga mobil dengan mesin supercharged 5.0 liter V-8 ini ditaksir berada pada kisaran Rp 6,48 miliar.

5. Toyota Century Royal (Jepang)Para Perdana Menteri Jepang kabarnya menggunakan Toyota Century Royal untuk aktivitas sehari-hari. Toyota Century diketahui memulai debutnya pada 1967. Varian Century sendiri memang dikenal sebagai pilihan kendaraan favorit kelas atas di Jepang.

Toyota Century Royal terbaru dipamerkan di Tokyo Motor Show, 25 Oktober 2017. TEMPO/Wawan Priyanto

Tak heran jika para petinggi negara mereka, tak terkecuali Perdana Menteri Jepang memilih Toyota Century Royal sebagai kendaraan operasionalnya. Adapun harganya, mobil ini ditaksir Rp 1,2 miliar.

6. New Peugeot 5008 (Prancis)New Peugeot 5008 dipilih menjadi mobil dinas Presiden Prancis, Emanuel Macron. Mobil ini kabarnya sudah mendapat sentuhan khusus standar pengamanan Presiden di Prancis, yakni Centigon Security Group untuk memberikan modifikasi khusus untuk New Peugeot 5008 ini.

The Presidential Peugeot 5008 (Peugeot)

Selain telah diubah menggunakan lapisan baja dengan anti pelurunya, SUV tujuh kursi ini diubah ala limosin. Lalu ada juga perangkat komunikasi khusus, penyaringan udara, lampu, tempat dokumen penting, serta sirine darurat. Untuk harga umumnya (bukan mobil presiden), mobil ini terbilang murah, yakni berkisar Rp 800 sampai Rp 900 jutaan.

7. Mercedes-Benz S 600 Guard (Indonesia)Presiden Joko Widodo rencananya akan memakai Mercedes-Benz S 600 Guard sebagai pengganti mobil dinas sebelumnya Mercedes-Benz S-600 Pullman Guard yang pernah dipakai Presiden sebelumnya Susilo Bambang Yudhoyono. 

Mobil berukuran panjang 5,4 meter itu memang dirancang dengan tingkat ketahanan B6/B7 (tingkat resistensi Eropa), dan telah diuji dan disertifikasi oleh organisasi yang diakui berbagai negara. Fitur lain yang membuat Mercedes-Benz S 600 Guard disebut sebagai limusin aman adalah fitur tangki bahan bakar self-sealing yang anti bocor dan sistem pemadam api.

Iring-iringan mobil jenazah Ibu Negara periode 204-2014 Ani Yudhoyono melintas di Tol Jagorawi, Jakarta, 2 Juni 2019. Ibu Ani Yudhoyono akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata pukul 15.00 dengan prosesi militer dengan Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo. TEMPO/M Taufan Rengganis

Sebagai kendaraan untuk pesohor dan petinggi negara, Mercedes-Benz S 600 Guard menawarkan dimensi besar, panjang 5.453mm x tinggi 1.498mm x lebar 2.130mm, dengan jarak sumbu roda 3.365mm.

Mercedes-Benz S 600 Guard memakai mesin bensin 5.500cc DOHC Direct Injection dengan tenaga maksimal 530bhp per 4900-5300rpm dan torsi maksimal 830Nm per 1900-4000rpm.

Mercedes-Benz S 600 Guard banyak digunakan kepala pemerintahan di sejumlah negara. Mobil yang diproduksi khusus di Sindelfingen, Jerman, memiliki ketahanan dari berbagai ancaman peluru hingga bom dengan mengandalkan sasis baja pada bodi dan lapisan tertentu pada kaca hingga ban jenis Run Flat yang bisa tetap dipakai dalam kondisi darurat sekalipun.

DIOLAH DARI BERBAGAI SUMBER

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi