Honda Rilis CRF1100L Africa Twin Adventure Sports, Banyak Ubahan
Reporter: Wira Utama
Editor: Wawan Priyanto
Selasa, 24 September 2019 17:00 WIB
Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports 2020 diluncurkan, September 2019. (Auto NDTV)
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - Honda meluncurkan motor Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports terbaru Model baru ini hadir dengan mesin paralel-twin terbaru yang menggantikan 1.084 cc dan terlihat lebih ramping serta sarat dengan teknologi canggih. Motor ini akan hadir dengan dua varian transmisi.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Seperti dilansir dari Car And Bike, CRF1100L Africa Twin hadir lebih dengan banyak teknologi dan fitur konektivitas baru daripada model sebelumnya. Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports juga telah mengalami perombakan dengan fairing yang direvisi, kerangka yang lebih ringan dan tangki bahan bakar 25 liter.

Adapun perbedaan utama antara standar Honda Africa Twin dan versi Adventure Sports adalah pada bodywork pelindung. Pada model Adventure Sports, kaca depan dan bashplate engine standar dapat disesuaikan ketinggiannya.

Perbedaan mencolok dari Honda Africa Twin Adventure Sports dengan yang sebelumnya, adalah mesin baru dan lebih besar. Ya, motor baru ini hirah ke mesin 1.084 cc, dengan torsi 7 persen dan tenaga puncak 6 persen lebih tinggi dari sebelumnya. Tak lupa pula, motor ini akan memenuhi peraturan Euro 5 mendatang.

Mesin 1.084 cc, memiliki rasio kompresi 10.1: 1 dan di atas kertas dapat mengeluarkan 101 bhp pada 7.500 rpm dan torsi puncak 105 Nm pada 6.250 rpm. Mesin yang baru ini juga mendapat lengan silinder aluminium lebih ringan dan selongsong mesin yang didesain ulang, sehingga mesin transmisi manual Twin Afrika baru menjadi 2,5 kg lebih ringan dari sebelumnya. Adapun mesin DCT (transmisi kopling ganda) otomatis lebih ringan 2,2 kilogram.

Rangkaian fitur elektronik Honda Africa Twin Adventure Sport juga telah sepenuhnya diperbarui. Misalnya Honda Torable Control terbaru (HSTC) yang dapat dioperasikan dengan beberapa pilihan. Kontrol wheelie dengan tiga tingkat input dan dapat dapat dimatikan sepenuhnya. Lampu baru dan panel instrumen layar sentuh baru. Tak lupa juga sistem audio bluetooth serta konektivitas Apple Carplay.

Selain itu ada juga, motor ini dilengkapi dengan empat opsi mode berkendara (driving mode). Empat pilhannya antara lain, standar turing, urban, gravel, dam Off-Road. Model standar Africa Twin baru memiliki kapasitas tangki bahan bakar 18,8 liter, dengan berat226 kg, adapun versi DCT memiliki berat trotoar 236 kg.

Peredam ditangani oleh garpu teleskopik terbalik tipe Showa 45 mm dengan suspensi 230 mm. Suspensi belakang adalah aluminium monoblock dengan Pro-Link dan peredam gas Showa dengan roda belakang 220 mm.

Untuk sisi keamanan, motor ini tentunya dilengkapi dengan sistem ABS dual-channel. Sistem ABS ini juga menawarkan pengaturan on-road dan off-road. Selain itu ABS pada roda belakang dapat dimatikan sepenuhnya.

Untuk konsumsi bahan bakar, Honda CRF1100L Africa Twin Adventure Sports baru mengklaim angka efisiensi bahan bakar 20,4 km per liter untuk versi transmisi manual dan 20,8 kmpl untuk versi DCT otomatis. Honda CRF1000L Africa Twin baru akan tersedia sebagai model dan kemungkinan akan diperkenalkan di India pada akhir tahun 2020.

CAR AND BIKE

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi