Ingin Tekan Harga, Bos Indomobil Kaji Merakit Lokal Mobil KIA
Reporter: Bisnis.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Senin, 30 September 2019 10:29 WIB
Komisaris PT Suzuki Indomobil International, Soebronto Laras (kedua dari kanan) bersama jajaran manajemen SIS, saat perkenalan Suzuki Mega Carry di ajang pameran kendaraan komersial pertama di Tanah Air, GAIKINDO Indonesia International Commercial Vehicle Expo (GIICOMVEC) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC), Kamis 1 Maret 2018. Sumber: bisnis.com
Iklan
Iklan

GOOTO.COM, Jakarta - PT Indomobil Sukses Internasional Tbk. telah memegang merek Kia di Indonesia. Kia, merek otomotif asal Korea Selatan ini penjualannya kurang menggembirakan bahkan kalah dari pemain baru seperti Wuling. Indomobil bertekad bisa kembali mengerek penjualan Kia dengan layanan aftersales dan harga yang kompetitif salah satunya perakitan lokal.

Iklan
Scroll Untuk Melanjutkan

Soebronto Laras, President Commissioner IMAS, mengatakan perusahaan berniat untuk memasarkan Kia kendati upaya itu tidak mudah. Perusahaan juga tengah mengkalkulasi secara matang apakah akan mendatangkan secara utuh atau merakit di dalam negeri.

“Iya ada isunya begitu, insyaallah. Ada dua alternatif impor completely built-up [CBU] atau kami memurahkan dengan cara merakit di sini. Merakit di sini alternatifnya, dulu Kia sudah dirakit juga di sini di Pulo Gadung,” ujarnya di Jambore Suzuki Club 2019 di Jakarta, akhir pekan lalu.

Soebronto menjelaskan Kia pernah dirakit di PT National Assemblers, Pulo Gadung. Namum, karena kerja sama Korea dan Asean membuat impor CBU dari Korea menjadi lebih murah sehingga importir lama memutuskan mendatangkan impor CBU.

Dia menuturkan saat ini anak perusahaan di bawah Indomobil Group memiliki beberapa pabrik seperti Nissan dan Hino di Purwakarta. Ada pula Suzuki di Bekasi dan Cikarang yang memiliki kapasitas 220.000 unit per tahun.

Indomobil, katanya, melihat peluang untuk merakit secara lokal sekaligus menghidupkan kembali pabrik milik perusahaan. Namun, dia belum bisa memastikan pabrik milik Indomobil yang mana yang akan dipakai untuk merakit Kia.

"Nanti tinggal kami lihat untuk menghidupkan pabrik, bagus enggak kalau kami ambil," katanya.

Indomobil telah secara resmi menjadi agen pemegang merek (APM) KIA dengan mendirikan perusahaan bernama PT Kreta Indo Artha (KIA). Perusahaan itu akan menggantikan PT Kia Mobil Indonesia (KMI) yang sebelumnya menjadi APM dan importir KIA sejak 2000.

BISNIS

Iklan

 

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi