Saat Mengemudi Terjadi Pecah Ban, Ini yang Harus Dilakukan
Reporter: Gooto.com
Editor: Eko Ari Wibowo
Jumat, 4 Oktober 2019 12:44 WIB
Kecelakaan mobil pecah ban di Tol Jagorawi pada Ahad pagi, 15 Spetember 2019. Foto diambil daricuplikan video yang tersebar di aplikasi perpesanan singkat

GOOTO.COM, Jakarta - Kasus mobil pecah ban yang terjadi di Tol Jagorawi yang menewaskan 3 orang penumpang menjadi perhatian publik. Kesalahan fatal dalam kecelakaan tersebut penumpang tidak mengenakan sabuk pengaman sedangkan mobil sempat terguling beberapa kali. Sehingga menggunakan sabuk pengaman wajib ketika mobil berjalan.

Ada beberapa hal yang harus dilakukan ketika kendaraan mengalami pecah. Sesaat setelah terjadi pecah pengemudi disarankan untuk mengurangi kecepatan dengan melepas gas. "Nyalakan juga lampu sein kiri untuk memberikan tanda pada mobil di sekitar, tetap waspada dan jangan lakukan manuver mendadak," seperti dikutip dari laman Auto2000.co.id.

Jika ban pecah ada di depan, ketika rem diinjak, maka bobot mobil akan cenderung pindah ke depan. Hal tersebut akan mengakibatkan setir pun akan semakin berat dan gerak mobil bakal sulit diprediksi. Kuncinya, pengemudi dilarang melakukan pengereman dan tahan kemudi sekuat tenaga, jangan sampai membuang ke kanan atau kiri.

Apabila kasus pecah ban terjadi pada roda bagian belakang, maka pengemudi disarankan tidak melakukan penurunan gear secara tiba-tiba. Alasannya, engine brake memberikan reaksi pada daya cengkeram ban yang lebih menggigit. Hal ini bisa memperlebar sayatan pada roda, hingga berakibat mobil susah dikendalikan. Langkah paling aman dan tepat adalah dengan membiarkan mobil berhenti dengan sendirinya lantaran kehabisan momentum, sambil mengarahkan ke bahu jalan.

Setelah mobil mulai melambat, sopir bisa segera melakukan pengereman secara perlahan sampai mobil berhenti. Kemudian, lampu hazzard bisa dinyalakan sebagai tanda keadaan darurat. Setelah itu, pengemudi bisa memasang segitiga pengaman, dan lakukan prosedur penggantian ban agar mobil dapat digunakan kembali.

#Pecah Ban
#Mobil Pecah Ban

 

 

BERITA TERKAIT


Rekomendasi